Elit PAN Cilegon yakni Ketua PAN Cilegon juga Bakal Calon Walikota Cilegon, Alawi Mahmud dan sejumlah Angopta DPRD Cilegon Terpilih bertemu Sekretaris Gerindra Cilegon, Hasbi Sidik, Belum lama ini. Foto IST

CILEGON, SSC – Sejumlah elit DPD PAN Kota Cilegon bertemu dengan Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Cilegon, Hasbi Sidik. Pertemuan itu terjalin pada Jumat, (21/6/2024). Tampak dalam pertemuan tersebut, Ketua DPD PAN Cilegon sekaligus Bakal Calon Walikota Cilegon, Alawi Mahmud bertemu Sekretaris Gerindra Cilegon Hasbi Sidik dengan didampingi Anggota DPRD Kota Cilegon Terpilih, Rahmatullah dan sejumlah anggota DPRD Cilegon terpilih lainnya dari PAN.

Juru Bicara Bakal Calon Walikota Cilegon Alawi Mahmud, Rahmatullah mengungkapkan, pertemuan tersebut dilakukan untuk memperkuat koalisi yang tengah saat ini intens dijajaki kedua parpol. Pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelum-sebelumnya.

Rahmatullah yang juga Wakil Ketua Tim Pemenangan Alawi Mahmud menjelaskan, pertemuan turut membahas  perkembangan dinamika perpolitikan di Cilegon yang terjadi saat ini.

“Tentunya melanjutkan komunikasi yang pertama. Yang sudah kita lakukan di tempat Gerindra waktu itu. Melanjutkan komunikasi yang berikutnya, soal kelanjutan rencana koalisi,” ujarnya, Minggu (23/6/2024).

“Kita mempertajam komunikasi yang sudah dilakukan saat ini saja,” sambungnya.

Rahmatullah menjelaskan, penjajakan pada pertemuan tersebut tidak terlepas adanya niat PAN untuk menyandingkan Alawi Mahmud dan Helldy Agustian. Karena saat ini Gerindra Cilegon telah mengusung Walikota Petahana Helldy Agustian untuk maju melanjutkan kepemimpinan dua periode. Begitu pun saat ini DPD PAN Cilegon telah mengusung Alawi Mahmud maju sebagai Bakal Calon Walikota Cilegon.

Baca juga  Penyanyi Kapal Ditemukan Tewas di Kontrakan di Merak Cilegon, Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Saat ini, kata dia, mesin partai di PAN Cilegon sedang terus bergerak untuk menaikan elektabilitas Alawi Mahmud. Yakni dengan memperkenalkan Alawi Mahmud ke masyarakat secara masif sebagai Bakal Calon Walikota Cilegon.

“Ya arah komunikasinya begitu. Arah komunikasi yang direncanakan begitu. Kan manusia bisa berencana. Tetapi rencana itu perlu dipertajam, dipertegas dengan langkah konkrit,” terangnya.

“Masing-masing pihak mengupayakan pada publik, memperkenalkan pada publik terutama memperkenalkan Pak Alawi sebagai calon atau kandidat di Pilkada juga, secara elektroral itu juga perlu diperkenalkan ke masyarakat,” paparnya.

Dengan tingginya dinamika politik saat ini, kata Rahmatullah, komunikasi antar partai harus tetap dijaga dan diperkuat. Agar nanti dapat PAN dan Gerindra dapat berkoalisi.

“Kami berharap komunikasi ini bisa mengerucut, dengan endingnya mengusung para kandidatnya masing-masing bersatu. Yach begitu (Helldy-Alawi). Karena DPD PAN Cilegon tidak mengusung yang lain selain Alawi. Enam Anggota DPRD Terpilihnya, patuh dan loyal terhadap instruksi partai,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Partai Gerindra Cilegon yang juga Wakil Ketua DPRD Cilegon, Hasbi Sidik mengatakan, pertemuan tersebut merupakan lanjutan pertemuan silaturahmi sebelumnya. Pertemuan itu tentu membahas isu politik yang saat ini berkembang.

“Intinya sampai saat ini sepengetahuan saya masih dalam kondisi baik baik saja, namanya politik pasti dinamis dan tentu ada saja isu-isu,” ucapnya.

Baca juga  Penyanyi Kapal Ditemukan Tewas di Kontrakan di Merak Cilegon, Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Hasbi menyatakan, sampai saat ini Gerindra mengenai koalisi masih dalam pertimbangan dan pemikiran. Nanti Ketua DPC Gerindara Cilegon yang akan memutuskan.

Kata Hasbi, Gerindra membuka lebar berkomunikasi dengan siapapun. Baik partai politik maupun para bakal calon yang akan maju pada Pilkada Cilegon.

“Semua masih dalam pertimbangan dan pemikiran. Nanti Walikota akan memutuskan. Memang teman-teman kita semua bertemu, (gerindra) dengan PAN bertemu, dengan Pak Isro juga ngobrol, dengan PPP juga ada perwakilan bahkan juga ada Perwakilan Dede Rohana bertemu juga. Tapi pak wali cerita semua bertemu. Tentu dalam konteks politik, semua wajar dan biasa. Pada saat nanti diputuskan dengan siapa, kan harus dihitung segala-galanya,” terangnya.

Sekalipun Gerindara dan PAN telah intens bertemu, kata Hasbi, semuanya yang dilakukan masih dalam penjajakan untuk nanti berkoalisi. Namun dengan partai mana nanti Gerindra berkoalisi akan dirembuk di DPC dan dilaporkan ke DPD dan DPP.

“Sampai saat ini saya katakan belum (berkoalisasi). Kalau penjajakan, semua juga penjajakan. Namanya di dalam politik semuanya penjajakan. Adapun kalau keputusan, ini kan saya kira sedang dipertimbangkan. Dengan siapanya koalisinya, ini kan ranah nanti DPP dan DPD. Kami yang disini, menyampaikan perkembangan terbarunya saja,” pungkasnya. (Ronald/Red)