Puluhan Peserta mengikuti PKPA angkatan VII yang di selenggarakan oleh DPC PERADI Kota Serang, Minggu (01/12/2019). Foto Ajat Sudrajat/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Serang menggelar Pelatihan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) angkatan ke VII yang digelar di salah satu rumah makan di Kota Serang.

Kegiatan dengan mengandeng Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dihadiri kurang lebih 46 orang.

Demikian disampaikan Sekertari DPC Peradi Kota Serang Hermawanto. Ia mengatakan, pelatihan PKPA Peradi 2019 sebagaimana telah diamanatkan oleh UU, wajib ditempuh oleh para calon peserta Advokat sebagai tahapan sebelum terjun menjalani profesi advokat untu memperjuangkan hukum bagi masyarakat.

“Jadi ini merupakan salah satu tahapan seorang Sarjana Hukum yang ingin berprofesi sebagai seorang advokat berdasarkan UU No 18 Tahun 2003 tentang advokat. Mereka (calon advokat) harus mengikuti PKPA dulu baru nanti temen-temen bisa mendapatkan sertifikat. Dengan sertifikat ini sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian profesi advokat,” katanya  usai ditemui sejumlah wartawan usai memberikan pelatihan, Minggu (1/12/2019).

Kata Hermawanto, usai para peserta mengikuti pelatihan akan memasuki tahapan selanjutnya.

“Jika peserta dinyatakan lulus, tahapan selanjutnya akan dilakukan pengangkatan dan sumpah jabatan. Setelah itu, barulah mereka bisa menjalankan profesinya sebagai advokat,” ujarnya.

Diakuinya, Peradi Kota Serang sejak terbentuk telah 7 kali menggelar PKPA. Adapun untuk proses ujian, pihaknya telah mendaftarkan jadwal ujian untuk peserta yang lolos pada 22 Febuari 2020 mendatang.

“Minimal para peserta bisa lulus ujian dulu. Semoga peserta yang mengikuti tes ini bisa menjadi advokat yang provesional,” akunya seraya meminta agar jabatan advokat ini harus mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional. (MG-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here