Lantai bawah baik lantai basement dan lantai dasar Gedung Eks Matahari Lama Kota Cilegon terendam Air. (Foto Dok Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Kondisi Gedung Eks Matahari Lama Kota Cilegon sudah makin membahayakan. Saat ini lantai basement dan lantai dasar sudah terendam air sekitar 4,5 meter.

Kondisi ironis aset Pemkot Cilegon yang berada di pusat kota ini mendapat respon dari unsur pimpinan DRPD Cilegon. Baik Wakil Ketua I DPRD, Hasbi Sidik maupun Wakil Ketua II, Nurotul Uyun angkat bicara serius.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik menilai kondisi gedung tersebut yang terendam air terkesan sengaja dibiarkan tanpa ada perbaikan. Melihat saat ini kondisi sudah terendam air, langkah serius untuk menangani masalah tersebut sudah sangat mendesak.

Hasbi mengungkapkan, memang saat ini pemerintah fokus pada penanganan pandemi Covid-19. Tetapi pademi jangan menjadi alasan aset tidak terurus. Penanganan masalah aset seperti Gedung Eks Matahari Lama harus tetap diurus. Maka dari itu, ia mendesak agar Pemkot segera mengatasi masalah gedung tersebut.

Baca juga  Jelang Pemilu 2024, Partai-partai baru Sowan ke KPU Cilegon

“Saya lihat kan di basement banyak airnya. Kalau itu tidak segera diperbaiki maka akan mempengaruhi struktur gedung tersebut. Memang sekarang kondisinya seperti ini, tapi kan anggaran Covid-19 sudah besar. Anggaran jangan untuk Covid-19 saja, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Segera perbaikan gedung itu agar bisa dimanfaatkan,” kata Hasbi kepada Selatsunda.com ditemui di ruang kerjanya,” Jumat (6/8/2021).

Politisi Partai Gerindra memperkirakan jika gedung tersebut sudah diperbaiki nantinya bisa direalisasikan menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP). Mengigat, Kota Cilegon belum memiliki MPP.

“Hanya Cilegon yang belum memiliki MPP. Dan saya minta MPP di Cilegon segera diwujudkan. Secara akses Eks Matahari Lama ini tepat di jantung Kota Cilegon. Apalagi nanti bisa diatur lantai satu untuk mal pelayanan publik, lantai 2 untuk kegiatan UMKM dan lantai 3 khusus perbankan. Jika gedung itu diperbaiki otomatis akan menambah investor masuk ke Kota Cilegon,” tandasnya.

Baca juga  Demo Hari Tani, Mahasiswa Cilegon Soroti Lahan Pertanian Menyusut Akibat Industri

Senada dengan Hasbi, Wakil Ketua II DPRD Cilegon, Nurrotul Uyun sepakat jika Gedung Eks Matahari Lama segera diperbaiki dan dijadikan MPP.

“Saya sepakat dengan Pak Hasbi jika Eks Matahari Lama dijadikan MPP. Pemkot Cilegon harus segera anggarkan untuk perbaikan gedung tersebut,” pungkasnya. (Ully/Red)