Kendaraan di Tol Tangerang- Merak arah Pelabuhan Merak menggular panjang hingga Kilometer 92, Kota Cilegon, Jumat (29/4/2022). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pada Hari Ketiga (H-3) menjelang Hari Lebaran, kendaraan di Tol Tangerang- Merak arah Pelabuhan Merak menggular panjang hingga Kilometer 92, Kota Cilegon, Jumat (29/4/2022).

Pantauan Selatsunda.com dari jembatan tepatnya di Perumahan Palm Hills, Kelurahan Kota Sari, Kecamatan Purwakarta sekitar pukul 01.00 WIB, kendaraan mengarah dari Tangerang menuju Merak menggular hingga Km 92. Kendaraan terlihat padat merayap.

Kendaraan arah Tol Merak menggular

Seorang warga sekitar, Maman (63) mengaku kendaraan telah menggular panjang sekitar pukul 22.00 WIB. Meski menggular panjang, kendaraan tetap terlihat berjalan pelan-pelan.

“Itu tadi macet dari jam 22.00 WIB. Kendaraannya masih pelan-pelan jalannya,” ujarnya.

Ia mengaku datang ke lokasi melihat antrean kendaraan hanya untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu sahur.

Baca juga  Sekda Cilegon Instruksikan OPD Tindaklanjuti Temuan BPK

“Yach datang kesini sambil nunggu sahur saja. Karena dulu nggak ada mudik. Sekarang lihat ada kendaraan yang ramai mudik,” tuturnya.

Sementara, Manajer Operasi Astra Infra Tol Road Tangerang Merak, Emon Sukarya membenarkan kondisi tersebut. Akibat ekor kendaraan telah mencapai Km 92, kendaraan yang melaju dari arah Cikupa menuju Merak dialihkan di Pintu Keluar Gerbang Tol Serang Barat.

“Karena sudah sampai di Km 92, kendaraan yang menuju Merak kita dikeluarkan di Serang Barat,” ujarnya.

Ia menyatakan, kondisi kendaraan mencapai tol disebabkan karena peningkatan kendaraan pemudik yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak signifikan.

“Ini antrean dampak karena di dalam pelabuhan. Terjadi karena volume kendaraan tinggi sehingga terjadi antrean,” terangnya.

Baca juga  Walikota Helldy Nyatakan Rotasi Mutasi Diundur, Ini Pertimbangannya

Pihaknya memprediksi kendaraan masih akan terus meningkat karena saat ini lalu lintas kendaraan dari arah Cikupa menuju Merak juga meningkat.

“Kami prediksi masih meningkat. Karena dari Cikupa ke arah Merak masih meningkat,” terangnya. (Ronald/Red)