CILEGON, SSC – Ribuan Pemudik yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon. Kondisi ini terjadi sejak Jumat, (8/6/2018) tadi malam hingga Sabtu pagi hari ini.

Informasi yang dihimpun, kondisi arus pemudik khususnya penumpang kendaraan pribadi terpantau telah memadati Pelabuhan Merak. Kondisi ini terjadi sejak tujuh hari (H-7) hingga enam hari (H-6) sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Kantong parkir di enam dermaga tampak telah dipadati kendaraan pribadi untuk masuk ke atas kapal.

“Prediksi arus puncak terjadi di H-6 atau di H-7 terhadap pada malam hari. Tadi malam mulai jam 23.00 WIB sampai dari jam 06.00 WIB atau jam 07.00 WIB pagi masih mengalir,” ungkap General Manajer PT ASDP Cabang Merak, Fahmi Alweni, Sabtu (9/6/2018).

Kepadatan penumpang kendaraan pribadi pada H-7 dan H-6,  kata GM,  berbeda dengan jumlah pada tahun lalu.  Jika diperbandingkan, jumlah pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan di dua hari yang sama.

“Kendaraan pribadi sebanyak 7.900 unit. Ada peningkatan dari tahun lalu pada hari yang sama sebesar 41 persen. Sementara untuk penumpang masih cenderung tinggi dari tahun lalu, tapi secara produksi mencapai 9.600 orang. Sementara diatas didalam kendaraan pencapaiannya 28 persen dari tahun lalu. Atau sebanyak 57.000 sekian penumpang,” paparnya.

Untuk mengurai kepadatan penumpang, kata GM, kapal dioperasikan dengan skenario sangat padat.  Dari data produksi kapal dioperasikan sebanyak 35 armada kapal.

“Tadi malam kami sudah main dengan skenario sangat padat. Karena melihat arus kendaraan pribadi yang masuk pelabuhan banyak, secara bersamaan, kami sudah masuk skenario sangat padat,” tuturnya (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?