Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja'i ketika diwawancarai (Foto Abdul Aziz/Selatsunda.com)

PANDEGLANG, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, masih menunggu perbaikan berkas bacaleg (bakal Calon legislatif) dari Partai Politik. Sebab, hingga saat ini baru empat parpol yang baru memperbaiki berkas dan menyerahkan ke KPU Pandeglang.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i mengatakan, batas waktu perbaikan berkas bacaleg ditenggat dari 21 hingga 31 juli ini.  Namun baru 4 parpol yang mengembalikan perbaikan kelengkapan berkas hingga Selasa (31/7/2018)siang tadi.

“Dari sampai pukul 13.40 WIB baru empat parpol yang menyerahkan berkas perbaikan. Sedangkan, parpol yang mendaftar mengikuti Pemilu 2019 sebanyak 14 parpol (Partai Politik). Empat parpol yang telah memperbaiki berkas pencalegan seperti, Partai Berkarya, Demokrat, PKS, dan Gerindra. Yang lainnya sudah kami sampaikan,” kata Ahmad kepada Selatsunda.com.

Berbagai kekurangan berkas yang harus diperbaiki parpol, lanjut Ahmad, mulai dari surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.  Termasuk dokumen surat keputusan dari Pengadilan Negeri dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

“Selain surat-surat sari kepolisian, berkas lain yang harus diperbaiki oleh parpol ini, seperti ijazah yang belum dilegalisir basah, keterangan sebagai pemilih, dan surat beserta tanda terima pengunduran diri dari lembaga yang anggarannya didanai oleh negara,” lanjut Ahmad.

Setelah perbaikan berkas lengkap dan diserahkan, KPU akan melakukan verifikasi.  KPU kemudian akan menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 12-14 Agustus mendatang. Penetapan itu sekaligus menetapkan persentase keterwakilan perempuan di dalam Parpol.

“Dalam masa pengumuman itu, KPU akan mempublikasikan daftar nama Bacaleg untuk memberi kesempatan kepada masyarakat memberi masukan akan rekam jejak para Bacaleg sebelum Daftar Calon Tetap (DCT) akan ditetapkan pada 20 September 2018 mendatang,” pungkasnya.(Aziz/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here