Ketua DPW Berkarya Banten yang juga Walikota Cilegon, Helldy Agustian dan Wakil Walikota, Sanuji Pentamarta makan siang satu meja dengan sejumlah elit parpol Cilegon, Minggu (26/9/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pelantikan Pengurus DPC dan DPAC Partai Berkarya (Beringin Karya) Se-Kota Cilegon tampak tidak biasa dihadiri oleh sejumlah elit partai politik di Kota Cilegon. Para elit politik bahkan setelah pelantikan duduk satu meja makan siang bersama dengan Ketua DPW Berkarya Banten yang juga Walikota Cilegon, Helldy Agustian dan Wakil Walikota, Sanuji Pentamarta.

Pantauan Selatsunda.com saat kegiatan pelantikan di salah satu hotel di Cilegon pada Minggu (26/9/2021), hadir sejumlah elit politik diantaranya Ketua PKS Kota Cilegon, Amal Irfanuddin, Ketua PAN Cilegon, Alawi Mahmud, Ketua PPP Cilegon, Sahruji, Wakil Ketua Partai Gerindra Cilegon, Babay Suhaemi, Sekretaris Partai Demokrat Cilegon, Ahmad Harus Suratinoyo dan Ketua PKB Cilegon, Sanudin.

Terlihat 4 anggota fraksi Berkarya DPRD Cilegon, Sabihis, Dimas Saputra, Iing Mudakir dan Buhaiti, turut hadir.

Setelah prosesi pelantikan, elit terlihat makan siang bersama dengan Helldy-Sanuji dalam satu meja.

Ketua PPP Cilegon, Sahruji mengatakan, kehadiran partainya dalam pelantikan sebagai bentuk sesama parpol bersama-sama menciptakan iklim politik di Cilegon kondusif. Kegiatan itu juga bentuk silaturahmi, komunikasi dan sikap saling menghormati sesama parpol.

Menurut dia, politik itu suatu perjuangan. Dalam hal ini, PPP Cilegon berjuang untuk memberi manfaat kepada masyarakat sama halnya dengan parpol lainnya.

Baca juga  Kejari Cilegon Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Rokok Tanpa Cukai

Ia menyatakan, selama pemerintah dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta bekerja untuk kepentingan masyarakat, PPP lewat perpanjangan fraksinya di DPRD akan mendukung sepenuhnya.

“Partai kan punya anggota dewan dalam rangka, mengesahkan kebijakan  pemerintah. Kalau memang untuk kepentingan rakyat, kita mendukung walikota,” ujarnya.

Sementara Ketua PAN Kota Cilegon, Alawi Mahmud juga berpandangan sama. Ia selaku ketua partai hadir dengan maksud mengedepankan etika politik. Menurutnya dalam berpolitik tidak ada yang tabu.

“Saya tentunya mengaplikasikan etika politik. Komunikasi lintas parpol itu saya menilai perlu, jangan tabu lah seperti begitu. Dan saya terimakasih kepada Partai Berkarya,” bebernya.

Ia menyatakan, jauh sebelumnya PAN dan Berkarya sudah melakukan konsolidasi politik dan sampai saat ini terus dijajaki.

Konsolidasi itu juga terus dibangun fraksinya di DPRD dengan Fraksi Berkarya.
Pada prinsipnya selama seluruh kebijakan pemerintah bermuara pada kepentingan rakyat, PAN selalu menyetujuinya.

“Anggota fraksi kami kan ada 4 (anggota dewan), sedang membangun komunikasi dengan Berkarya untuk kemudian menyamakan persepsi dalam rangka mengikuti proses pembangunan Cilegon ke depan. Selama pikiran itu bermuara untuk kepentingan masyarakat Cilegon, PAN setuju,” terangnya.

Sementara, Ketua DPW Berkarya Banten yang juga Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengapresiasi petinggi parpol di Cilegon hadir dalam kegiatan Berkarya. Kehadiran parpol non koalisi sangat disambut baik.

Baca juga  Hingga Triwulan III 2021, Kinerja Bank Bjb Tumbuh Positif

Ditanya kehadiran elit dalam kegiatannya sekaligus makan siang bagian dari konsolidasi partai, Helldy tidak ingin mengungkap gamblang. Makan siang hanya membicarakan hal-hal biasa.

“Tidak ada (konsolidasi), umum-umum saja,” terangnya.

Saat ditanya ada 3 parpol yakni Golkar, Nasdem dan PDIP yang tidak hadir,  Helldy tidak mempersalahkannya. Kata Helldy undangan tidak bersifat memaksa.

Ia berujar, yang hadir saat ini perwakilan dari 5 parpol. Jika diibaratkan 8 fraksi DPRD, 5 fraksi yang mewakili partai sudah kuorum.

“Kalau kita lihat total ada 8 fraksi di Cilegon, berarti ada 5. Lima berarti kuorum. Mungkin (yang tidak hadir) ada kesibukan, mungkin lagi tidak bisa hadir, kita kan harus menghormati,” terangnya.

Prinsipnya, kata Helldy, dia yang menjabat sebagai Walikota Cilegon mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membangun Cilegon. Ia mengaku tidak bisa sendirian membangun Cilegon. Dalam kesempatan tersebut, Helldy mengajak seluruh parpol dapat membantu sosialisasi program Helldy-Sanuji bersama-sama.

“Saya ini Helldy, bukan siapa siapa dan bukan apa-apa kalau bukan bantuan dari teman-teman, apalagi dari partai partai lain. Saya mengapresiasi dengan hadirnya parpol dikesempatan ini. Kita minta teman-teman mensosialisasikan yang kita programkan,” harapnya. (Ronald/Red)