Ilustrasi PNS (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Ribuan Pengawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkup Pemerintahan Kota Serang bisa bernafas lega. Pasalnya, pembayaran gaji ke-13 akan dicairkan Besok, Jumat (14/8/2020).

Kendati demikian di beberapa hari belakangan, banyak PNS menunggu pencairan karena belum menerima pembayaran gaji tersebut.

“Ibu Menteri Keuangan, Sri Mulyani bilang tanggal 10 Agustus (Gaji 13 cair). Tapi sampai sekarang belum ada juga,” ujar seorang PNS enggan menyebutkan identitasnya kepada Selatsunda.com, Kamis (13/8/2020).

Sementara, Kepala BPKAD Kota Serang, Wachyu B Kristiawan dikonfirmasi mengatakan, gaji ke-13 akan dicairkan esok hari menyusul telah dikeluarkannya Peraturan Walikota (Perwal).

Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan
Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020, kata dia, pencairan tersebut harus dengan dasar Perwal.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Iya karena di kita proses pencairannya baru mulai hari ini. Itu dasarnya dengan Perwal. Perwalnya baru selesai kemarin. Sesuai amanat PP-nya begitu,” ungkapnya.

Wahyu menampik jika pembayaran gaji ke-13 terlambat dibayarkan. Karena dalam PP 44 tidak merinci batas jatuh tempo pembayaran.

“PP mengamaanatkan dibayarkan di bulan Agustus. Di ayat selanjutnya itu apabila tidak bisa dibayar bulan Agustus, bisa dibayar di bulan berikutnya. Jadi nggak ada yang telat,” paparnya.

Ia mengungkapkan, pembayaran gaji ke13 dengan APBD sebesar Rp 25 miliar ini akan diberikan kepada sekitar 4.067 PNS di Kota Serang baik dari tingkat pelaksana hingga Eselon II. Sementara pejabat setingkat pejabat negara baik Walikota, Wakil Walikota dan Anggota DPRD tidak menerima gaji tersebut.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

“Yang menerima dari Eselon II hingga tingkat pelaksana. Yang tidak dapat cuman pejabat negara dan DPRD,” tuturnya.

Saat ini, kata dia, tahapan pencairan sedang diproses. Bendahara masing-masing dinas telah diminta untuk menyiapkan segera Surat Perintah Membayar (SPM). Esok hari, lanjutnya, gaji sudah dibayarkan ke masing-masing penerima.

“Jadi kemarin, kita sudah kumpulkan bendahara dan operatornya untuk segera membuat daftar gajinya. Dan mulai hari ini kita menerima SPM-nya. Jadi mulai besok sudah bisa cair,” pungkasnya. (Ronald/Red)