Belasan penyelam asal Banten mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Pulau Sanghyang, Kabupaten Serang memperingati HUT Ke-78 RI, Kamis (17/8/2023). Foto Dok POSSI Banten

SERANG, SSC – Belasan penyelam di Provinsi Banten melakukan pengibaran bendera merah putih di dasar laut, Kamis (17/8/2023). Pengibaran bendera dilakukan di dasar Selat Sunda, tepatnya di perairan Pulau Sanghyang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pengibaran bendera yang diinisiasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia atau POSSI Banten dilaksanakan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI.

Ada sebanyak 16 penyelam yang mengibarkan bendera merah putih di Selat Sunda baik dari POSSI Banten, TNI Angkatan Laut Banten dan Basarnas Banten.

Ketua Panitia Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Laut di Selat Sunda Meridian Herlambang mengatakan, pengibaran bendera merah putih digelar untuk menghormati perjuangan para pahlawan.

“Banyak sekali pahlawan kemerdekaan yang gugur di medan pertempuran, sehingga jasanya perlu diingat,” katanya di sela-sela kegiatan.

“Inti dari agenda ini tidak lain guna menghormati para pejuang yang gugur di medan pertempuran. Kita harus mengenang mereka, kemudian mendoakan,” sambungnya.

Baca juga  Perdana, 50 Orang Warga Cilegon Dapat Kuliah Gratis di Universitas Terbuka Serang

Upacara pengibaran bendera di bawah laut, kata Meridian, adalah event tahunan yang sudah digelar sejak 2017 lalu. Kegiatan rutin dalam memperingati HUT RI ini dilakukan sekaligus mempromosikan potensi wisata di Selat Sunda khususnya di perairan Pulau Sanghyang.

“Di sini potensi wisatanya tinggi, baik snorkeling, diving, itu bagus. Karena terumbu karangnya masih asri,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris POSSI Banten M Ferry Muchdiana mengungkapkan, upacara pengibaran bendera merah putih bawah laut sudah dilangsungkan sejak enam tahun silam. Di mana pengibaran bendera merupakan kegiatan andalan yang dilakukan pihaknya.

“Ini bermula dari inisitaif para para divers POSSI Kota Cilegon menggelar upacara pengibaran bendera merah putih bawah laut pada 2017 lalu. Sekarang acaranya telah berubah menjadi event tingkat provinsi Banten. Ini adalah kebanggaan tersendiri untuk kami,” tandasnya.

Baca juga  Tingkatkan Retribusi, Perusahaan yang Gunakan  Tenaga Kerja Asing di Cilegon Dikumpulkan

Kegiatan ini, kata dia, mendapat dukungan banyak pihak. Diantaranya Forkopimda mulai dari tingkat daerah hingga provinsi. Ia berharap, pengibaran dapat menjadi momen mempringati jasa pahlawan agar selalu cinta terhadap tanah air.

“Tahun lalu Pj Gubernur Banten (Al Muktabar) ikut serta, Danlanal Banten (Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin), Wali Kota Cilegon (Helldy Agustian) udah dua kali,” jelasnya.

“Ini jadi momentum tahunan setiap 17 Agustus, sebagai wujud kecintaan kami terhadap para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan negara kita,” pungkas Ferry.

Diketahui, selain pengibaran bendera merah putih bawah laut, POSSI Banten menggelar berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan itu diantaranya fun dive, Ocean Cleaning, serta mooring buoy. (Ronald/Red)