Prosesi pelantikan 5 DPC Ikatan Warga Madura (IKAMA) Banten saat di Aula Islamic Center (Masjid Agung) Kota Cilegon, Sabtu (20/7/2019). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ketua DPW Ikatan Keluarga Madura (IKAMA) Banten, Abdul Hanan Busmar meminta agar warga Madura yang ada di Banten dapat berperan serta dalam meningkatan ekonomi dan pembangunan.

Hal ini disampaikannya saat pelantikan kepengurusan 5 DPC (Dewan Perwakilan Cabang) IKAMA Se-Provinsi Banten di Aula Islamic Center (Masjid Agung) Kota Cilegon, Sabtu (20/7/2019).

Lebih jauh ia menerangkan, IKAMA Banten saat ini mewadahi 300 ribu warga Madura dari berbagai latar belakang profesi seperti pengusaha sembako, sate dan pengusaha di pemotongan besi tua. Tentunya, papar dia, warga madura dengan beragam profesi ini bisa memberi sumbangsih kepada Pemprov Banten salaha satunya dengsn taat membayar pajak daerah.

“Karena berbagai macam profesi, kita (warga Madura) sangat taat pajak, karena pengusaha yang baik itu taat pajak, pajak kami, kebetulan saya dari besi tua yang orientasinya pembelian scrub besi tua,” kata Abdul Hanan, Minggu (21/7/2019).

Ia menambahkan, selain mendukung pemerintah, keberadaan IKAMA di tengah masyarakat Banten juga sebagai upaya untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap warga Madura yang diidentikkan dengan cerurit.

“Tentunya kita ingin menghilangkan pandangan ini. Di mana, warga Madura sering diindetikkan dengan cerurit. Di zaman yang modern saat ini, warga Madura harus mampu memberikan kontribusinya kepada pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) nya,” tambahnya.

Sementara terkait pelantikan kepengurusan DPC IKAMA di Banten, Sekjen DPP IKAMA, Gufron Mubin mengatakan, agenda pelantikan baru bisa terealiasi usai rapat kerja DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) sekaligus pemilihan Ketua DPW IKAMA Banten yang telah dilaksanakan sejak bulan lalu di Korem Maulana Yusuf. Lima DPC di Banten yaitu, DPC Lebak, DPC Pandeglang, DPC Tangerang, DPC Serang dan DPC Kota Cilegon dimana d masing-masing DPC diisi 700 anggota.

“Ini bentuk realiasasi rapat sekaligus pemilihan ketua DPW Banten usai rapat pada 7 bulan lalu. Dari rapat ini, terpilihnya Kota Cilegon untuk menggelar pelantikan 5 DPC (Dewan Perwakilan Cabang) se-Provinsi Banten. Dari 5 DPC yang hadir kali ini, sebanyak 700 anggota dari masing-masing DPC se-Banten. Sedangkan untuk data orang Madura yang tinggal di Cilegon sebanyak 3.000 warga Madura,” ucap Gufron.

Sementara itu, Ketua DPC IKAMA Cilegon, Ahmad Mosiddik menyambut baik pelantikan 5 DPC IKAMA se-Banten di Kota Cilegon. Wadah guyub warga Madura di Banten ini diharapkan dapat membantu pemerintah terutama melakukan pembangunan bersama-sama.

“Dengan kehadiran kami (Keluarga Madura,red) di Banten ini, bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam membangun peningkatan ekonomi pembangunan di Provinsi Banten,” tungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?