TANGERANG, SSC – PT Marga Mandala Sakti terus berupaya memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna jalan tol. Salah satu yang dilakukan dengan mengembangkan pelayanan transaksi menggunakan teknologi Single Line Free Line Flow (SLFLF). Sistem yang akan mempermudah pembayaran transaksi pengguna tol ini rencananya akan diterapkan pada 2020 mendatang.

Disampaikan langsung Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti Krist Ade Sudiyono, keberadaan sistem tersebut sebagai bentuk inovasi yang dilakukan oleh MMS dalam memudahkan pembayaran transkaksi di jalan tol. Setiap pengguna tol tidak perlu memperlambat laju kendaraan atau berhenti sejenak karena transaksi telah menggunakan sistem pembayaran tanpa harus berhenti.

Untuk cara kerjanya sendiri, setiap kendaraan akan terpasang alat ini. Alat yang terpasang di kendaraan ini, memancarkan sinyal terhadap gardu tol sehingga saldo akan secara otomatis terpotong saat kendaraan sudah melewati gardu tol.

“Untuk memudahkan pelayanan kepada pengedara, saa ini kami sudah menerapkan SLFLF teknologi dengan menggunakan Dedicated Short Ranger Communication (DSRC). Untuk menyimpan data kendaraan di dalam alat yang diletakan dalam kendaraan atau on board unit,” kata Krist saat melakukan jumpa pers di Kantor MMS di Gerbang Tol Ciujung,” Kamis (8/8/2019).

Ia menjelaskan, saat ini instalansi SLFF telah dipersiapkan di entrance gerbang tol Serang Barat dan Cikande dan exit gerbang tol Cikupa dan Serang Timur dengan masing-masing satu satu jalur. Keberadaan sistem ini, diharapkan mampu mempercepat meningkatkan kapasitas di ruas tol Tangerang-Merak.

“Dalam pelaksanaannya dibutuhkan kesiapan tidak hanya dari pihak pengelola jalan total saja namun juga kesiapan dari masyarakat untuk beralih dari sistem manual dan otomatis menuju sistem free flow,” katanya.

Sementara itu, sebagai jalan tol pertama di Astra, layanan Astra di Banten dapat lebih bersinergi dan tentunya bisa mewujudkan pembangunan insfrastruktur yanh berdampak pada kemudahaan serta Peningkatan perekonomian di Indonesia. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here