Kepala KPw BI Banten Ameriza M Moesa (kiri) bersama Kepala KPw BI Provinsi Banten Periode 2022-2024 Imaduddin Sahabat usai prosesi pengukuhan di Kantor BI Banten," Senin (19/2/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Kantor Perwakilan Bank Indonesia KPw BI Provinsi Banten resmi melakukan pergantian kepemimpinan. Pergantian pejabat BI Banten langsung dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta, Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti serta pejabat lainya di Provinsi Banten.

Pejabat sebelumnya, Imaduddin Sahabat mendapat tugas baru menjadi Kepala Perwakilan BI di Tokyo Ibu Kota Jepang. Saat ini, Kepala KPw BI Banten Ameriza M Moesa.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengucapkan terima kasih kepada pejabat sebelumnya, Imaduddin yang telah menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga dan mengawal perekonomian di Banten. Pencapaian yang telah diraih oleh Imaduddin berkat dukungan dan kerjasama dari seluruh pejabat di Provinsi Banten.

“Kami (Bank Indonesia) tidak hanya berhenti sampai sini. Tetapi, kita membantu pemerintah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian. Jadi, bukan hanya menjaga stabilitas saja? Tapi apa yang bisa kita lakukan bersama-sama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bukan hanya sekedar 0 persen, tapi bagaimana kami ingin pertumbuhan ekonomi yang benar-benar berkelanjutan dan inklusif yang bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” kata Filianingsih Hendarta dalam sambutanya,” Senin (19/2/2024).

Baca juga  Pemkot Cilegon Masih Kaji Rencana Pemindahan RKUD ke Bank Banten

Ia mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan pejabat BI Banten, Ameriza untuk perekonomian di Banten. Yakni, pengendalian inflasi, melalui tim pengendalian inflasi daerah (TPID) termasuk melakukan inovasi berupa gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP), Kedua, pengembangan ekonomi daerah, termasuk peningkatan ekonomi kerakyatan UMKM daerah, serta mendorong hilirisasi untuk peningkatan nilai pangan pada sektor pariwisata, pertanian, dan perkebunan.

Ketiga, adalah akselerasi keuangan, terutama digital, termasuk pemanfaatan QRIS dan BI fast guna mendukung UMKM. Dan elektronikinfiksi pemerintah daerah

Keempat, penyediaan uang yang berkualitas, dengan tetap memberikan pelayanan penukaran dan sosialisasi cinta, bangga, dan paham Rupiah.

“Kelima, penyelarasan suksesi pimpinan dan pembangunan modern, seperti saat ini kita memberikan putra putri terbaik untuk Banten.

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

Masih kata Filianngsih, ia juga memberikan apresiasi kepada Imaduddin atas jasa dan kinerja selama menjabat di Banten.

“Termasuk pak Imaduddin dan pak Ameriza putra terbaik Banten. Dan Provinsi Banten selalu mendapatkan kepemimpinan dari Bank Indonesia yang terbaik,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti menyampaikan, peran Bank Indonesia Provinsi Banten turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pejabat sebelumnya sudah memberikan peran yang cukup baik, dan selanjutnya terus menunjukan komitmen untuk mengendalikan inflasi di tingkat daerah, dan berupaya mengendalikan inflasi secara nasional,” papar Virgo.

Pihaknya berharap, dengan adanya kepemimpinan baru di BI Provinsi Banten, mampu mendongkrak sektor pariwisata yang perlu dioptimalkan.

“Dengan kepala KPw BI yang baru kita juga ingin bersama-sama mengawal program yang tentunya bukan hanya inflasi, terutama dalam mendorong pariwisata di Provinsi Banten,” pungkas Virgo. (Ully/red)