Walikota Cilegon, Helldy Agustian diwawancara usai menghadiri penutupan POPDA ke-XI Provinsi Banten yang digelar di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Kamis (13/6/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kota Cilegon akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XII Provinsi Banten pada Tahun 2026. Dengan adanya rencana perhelatan pekan pelajar itu, Pemerintah Kota Cilegon menargetkan dapat meraih juara 1.

Hal ini disampaikan Walikota Cilegon, Helldy Agustian usai menghadiri penutupan POPDA ke-XI Provinsi Banten yang digelar di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Kamis (13/6/2024).

Helldy mengungkapkan, Pemkot dengan Kota Cilegon menjadi tuan rumah POPDA XII Banten akan melakukan evaluasi. Beberapa yang akan dievaluasi bersama dengan KONI Cilegon dan sejumlah dinas terkait cabang olahraga yang berpotensi meraih medali. Kemudian juga evaluasi juga terkait dengan fasilitas-fasilitas yang nanti akan disiapkan.

“Cilegon jadi tuan rumah dua tahun lagi Tahun 2026. Nanti kami akan panggil Ketua KONI Cilegon (Salam Salim) agar supaya bisa rapat. Tadi ada clue yang diberikan bahwa kita akan prioritaskan, olahraga-olahraga mana yang kita lebih mudah mendapatkan medalinya terlebih dahulu. Jadi itu kita konsentrasi. Kedua kami berupaya karena POPDA-nya di Cilegon, agar supaya bisa mendesain lokasinya jauh lebih bagus untuk ke depan,” ungkapnya.

Baca juga  Isro Miraj Buka Suara Pindah Partai untuk Maju di Pilkada Cilegon 2024

Diketahu pada perhelatan POPDA KE XI Banten, Kota Tangerang menjadi juara 1. Kemudian Kota Tangerang Selatan meraih juara 2, Kabupaten Tangerang juara 3 dan Kota Cilegon juara 4.

Menurut Helldy, prestasi Kota Cilegon meraih juara 4 berada di posisi tengah. Hal itu dinilai prestasi yang masih cukup bagus.

“Cilegon peringkat keempat itu, sudah midle sudah bagus lah,” ucapnya.

Sebagai tuan rumah di Tahun 2026 mendatang, Pemkot kata Helldy, akan merencanakan seluruhnya. Ia tak ingin POPDA XII yang dihelat di Cilegon malah prestasinya menurun. Justru sebaliknya Pemkot Cilegon akan memasang target tinggi yakni juara 1.

“Yach harus juara satu. Harus tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Cilegon, Salam Salim mengatakan, Kota Cilegon pada POPDA ke-XI Provinsi Banten mendapatkan juara 4 dengan raihan medali 27 emas, 31 perak dan 48 perunggu. Jika dibandingkan dengan POPDA X,
jumlah perolehan medali emas Kota Cilegon pada event POPDA XI tahun ini, naik. Hanya saja kata Salam Salim, pada POPDA XI terdapat penambahan 6 cabang olahraga. Hal itu diperkirakan yang menjadi prestasi Kota Cilegon turun dari juara 3 POPDA lalu menjadi saat ini juara 4.

Baca juga  Petahana Helldy Nilai Pasangan Isro-Uyun Merupakan Pesaing di Pilkada Cilegon

“Hanya saja ada penambahan cabang yang kita diluar dari perkiraan kita. Bahwa kita persiapan hanya 19 cabang ternyata ada tambahan mendadak dari provinsi 6 cabang. Mau tidak mau harus kita terima sekalipun kita tidak siap,” tuturnya.

Tentu dari prestasi yang diraih ini, kata Salam Salim, akan menjadi bahan evaluasi untuk POPDA dua tahun mendatang karena Cilegon menjadi tuan rumah. Sesuai arahan Walikota Helldy, pihaknya diminta untuk evaluasi dan melakukan langkah-langkah rencana persiapan dua tahun mendatang.

“Tadi seperti yang disampaikan pak wali. Saya diminta untuk segera mengevaluasi. Venue-venue yang nanti kita punya atau tidak, saya sudah sampaikan ke beliau, bahwa yang tidak kita punya hanya panjat tebing yang itu harus kita bangun Tahun 2025. Mudah-mudahan dengan adanya beliau yang hadir sendiri, beliau yang menerima petaka sendiri, jadi beliau juga pasti tahu persiapan ke depan,” pungkasnya. (Ronald/Red)