Layangan Drive Thru diadakan Lapas Kota Cilegon bagi keluarga narapidana yang akan melakukan kunjungan, Senin (10/8/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Lapas Kelas IIA Cilegon menyediakan layanan drive thru mempermudah keluarga napi dalam melakukan kunjungan di dalam penjara. Layanan drive thru ini karena hingga saat ini jam kunjungan masih ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19 (Virus Corona).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, R Andika Dwi Prasetya mengatakan layanan kendaraan drive thru merupakan layanan satu-satunya di Banten dan baru hadir di Kota Cilegon. Dimana masyarakat yang ingin bertemu dan bertatap muka langsung dengan para napi harus melalui layanan tersebut.

“Drive thure yang saat ini diresmikan, merupakan suatu inovasi yang dimiliki oleh Lapas Kelas II Cilegon guna mencegah penyebaran Covid-19. Di mana, jam kunjungan ditiadakan oleh karena itu, Lapas Cilegon membuat suatu inovasi baru untuk narapidana,” kata Andika kepada awak media pada acara Peresmian Drive Thru Kunjungan, di Lapas Kelas II A Cilegon, Senin (10/8/2020).

Selain inovasi, tutur Andika, layanan dalam bentuk ketersediaan mobil bagi pengunjung dengan empat baris tempat duduk itu merupakan upaya lain Lapas Cilegon menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Terutama di tengah masa pandemi Covid-19 ini dimana kunjungan secara konvesional untuk bisa kontak langsung dibatasi.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon Musjono menambahkan, untuk jam operasional drive thure yang ini beroperasi pada pukul 09.00 WIB sampai 15.30 WIB dari hari Senin hingga Kamis.

“Untuk 1 napi kita batasi bisa bertemu dengan keluarga mulai 3 hingga 5 menit,” pungkasnya. (Ully/Red)