CILEGON, SSC – Nahkoda Kapal Tugboat Motorola 901 yang sebelumnya dinyatakan hilang ketika kapal tenggelam di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, akhirnya ditemukan, Jumat (4/5/2018). Nahkoda bernama Hendra Gunawan itu ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia tak jauh dari lokasi kejadian sekitar pukul 17.00 wib.

“Pencaharian hari kedua ini, Alhamdulillah, kita berhasil menemukan Nahkoda. Kondisi dalam keadaan telah meninggal dunia. Kita temukan tidak jauh dari titik lokasi tenggelamnya kapal, ” Ungkap Kepala Satuan Patroli (Kasatrol) Direktorat Kepolisian Air (polair) Polda Banten, AKBP Noman Trisapto dikonfirmasi.

Saat pencarian korban, kata Kasatrol, cuaca pada saat itu dalam keadaan normal. Berkat kerjasama dan kesabaran Tim SAR Polair Banten, Basarnas Banten, KPLP dan tim lainnya, jasad korban akhirnya ditemukan sesaat sebelum pencarian hari kedua akan diakhiri.

“Kita temukan sore hari. Kondisi jasad masih utuh. Setelah jasad korban ditemukan, langsung kita evakuasi,” paparnya.

Kasatrol menyatakan, jasad kemudian dievakuasi ke Dermaga Grenyang dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Drajat Prawiranegara, Kabupaten Serang untuk tindakan lebih lanjut.

“Korban kita bawa ke RSUD Serang untuk dilakukan visum,” paparnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Kapal Tugboat Motorola 901 Tenggelam di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, Kamis (3/5/2018). Diduga Tugboat tenggelam karena tali saat menarik Kapal Ferry Jatra II Putus. Dua dari tiga kru kapal dinyatakan selamat, sementara nahkoda masih belum ditemukan.

Informasi yang dihimpun selatsunda.com, kejadian tenggelamnya TB Motorola terjadi sekitar pukul 16.00 wib. Sebelum terjadi insiden itu, Motorola 901 sedang mengaxis KMP Jatra II untuk keluar dari jety 1 SMI usai melakukan docking. Saat ditengah perairan, tali toing kanan putus dan tugboat langsung miring dan tenggelam. Dua kru kapal tugboat itu, Afrison selaku Kepala Kamar Mesin (KKM) dan juru kemudi kapal, Safudin berhasil selamat dengan meloncat kelaut. Sementara Nahkoda Kapal, Hendra Gunawan belum ditemukan. Sekitar pukul 17.00 wib, dua kru kapal berhasil diselamatkan oleh Tugboat Motorola 106 dan dievakuasi oleh Tugboat Wahana 2 ke perairan yang aman. Petugas SAR baik Ditpolair Polda Banten dan Basarnas Banten yang mendapati informasi itu langsung terjun kelokasi. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here