CILEGON, SSC – Menjelang arus mudik perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah/Tahun 2024, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon melakukan pengecekan akurasi alat ukur bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah SPBU yang ada di wilayah Kota Cilegon, Rabu (3/4/2024). Hal ini dilakukan untuk memastikan akurasi alat ukur pengisian BBM.

Kepala Disperindag Kota Cilegon Andriyanti mengatakan, pengecekan alat ukur SPBU tersebut digelar di beberapa SPBU di Kota Cilegon.

“Pengawasan tersebut kami lakukan untuk memastikan keakuratan alat ukur di SPBU tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu ragu adanya kecurangan dalam mengisi BBM,” ungkap Andriyanti saat ditemui di SPBU.

Andriyanti menuturkan, pihaknya dalam proses pengecekan tersebut memastikan pengukuran dari alat ukur takar timbang yang ada di SPBU.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

“Jadi, kami memastikan bahwa ukurannya tepat, jika konsumen membeli satu liter maka harus dapat satu liter,” ujar Kadis yang disapa Andri itu.

Andri menerangkan, pihaknya selain melakukan pengawasan juga memastikan ketersediaan stok BBM di Kota Cilegon. Kata dia ketersediaan BBM aman menjelang mudik Lebaran.

Dengan adanya pengukuran alat ukur SPBU dilakukan secara rutin ini, harapnya, dapat  melindungi konsumen dari kecurangan mengingat antusias masyarakat menggunakan kendaraan pribadi di mudik Lebaran cukup signifikan.

“Nah, apabila ditemukan kecurangan, masyarakat diminta untuk melaporkan dengan menyertakan bukti ke Bidang Metrologi Disperindag Kota Cilegon,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kemetrologian pada Disperindag Kota Cilegon Hadi Permana menambahkan, Disperindag Cilegon melakukan pengecekkan kepada 13 SPBU Pertamina dan 1 SPBU Shell.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

“Semua dicek. Kita bagi 2 tim dalam satu hari ini. Satu tim ada 7 personil. Kita periksa nozzlenya, dispensernya, segelnya dan alhamdulillah semua dalam kondisi baik,” pungkasnya. (Ronald/Red)