Partai Ummat Kota Cilegon melakukan silaturahmi ke Kantor KPU Kota Cilegon, Belum lama ini. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sejumlah partai politik baru mulai memanaskan mesin politiknya di Kota Cilegon. Seperti yang dilakukan Partai Ummat dan Partai Prima. Dua parpol ini mulai datang ke KPU Cilegon untuk mempersiapkan diri jelang Pemilu 2024.

Kepala Divisi Pencalonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon Eli Jumeli membenarkan Partai Prima datang ke KPU pada September lalu. Sedangkan Partai Ummat berkunjung ke KPU pada Selasa, (21/9/2021) lalu.

“Kedua partai ini memperkenalkan keberadaan pengurus DPD Partai Ummat ke KPU,” kata Eli kepada Selatsunda.com dikonfirmasi, Jumat (24/9/2021).

Eli mengungkapkan, sejauh ini pihaknya baru sebatas memberikan masukan dan informasi tentang persyaratan administrasi partai politik untuk mengikuti tahapan verifikasi sebagai peserta pemilu. Meski belum mendapat aturan teknis terkait pemilu 2024.

Baca juga  Duarr! Ibu Hamil di Anyer Serang Jadi Korban Sambaran Petir

“Saat ini kami (KPU Cilegon) masih menunggu peraturan KPU terbaru dari pusat seperti apa. Kalau melihat tahapan pilkada tahun lalu, partai baru ini harus mendaftarkan kepartaiannya ke KPU RI dilanjutkan dengan mendaftar ke tingkat kota dan provinsi kepengurusan tersebut,” terangnya.

Eli menjelaskan, berdasarkan aturan perundang-undangan nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) DPRD, DPR dan DPD, partai baru peserta pemilu yang bisa ikut meramaikan pesta demokorasi lima tahunan itu harus memiliki kepengurusan tiap provinsi minimal 75 persen.

“Pada perubahan Undang-Undang nomor 10 tahun 2008, partai baru boleh ikut harus memiliki 75 persen kepengurusan 33 provinsi, 75 persen kepengurusan di provinsi dan 50 persen kepengurusan di kabupaten/kota,” jelas Eli.

Baca juga  Walikota Helldy Nilai Bantuan UEP untuk KUBE di 8 Kecamatan Belum Merata

Sementara itu, Ketua DPD Partai Ummat Kota Cilegon, TV Maman Sutrisno membenarkan jika pihaknya telah bersilaturahmi ke kantor KPU Cilegon belum lama ini. Kedatangan partainya untuk memperkenalkan partai yang baru terbentuk April 2021 kepada masyarakat.

“Iyah benar ke KPU udah kami lakukan silaturahmi. Pada Kamis (24/9/2021) udah silaturahmi juga ke Bawaslu. Kehadiran kami ini, untuk menyatakan kesiapan kami untuk bertarung di Pemilu 2024 mendatang,” ujar Maman.

Lanjut Maman, Partai Ummat ini merupakan partai yang didirikan oleh Politisi Senior Amien Rais.

“Kita partai semua umat beragama. Siapapun bisa masuk dan mendaftar di partai kami,” pungkas Maman.

Sementara Ketua DPK Partai Prima, M Sofyan masih belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi masih belum merespon.(Ully/Red)