CILEGON, SSC – Unggul raihan poin dari tujuh kafilah lain, Kafilah Citangkil sabet juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX yang dipusatkan di Aula Setda II Kota Cilegon, 28-29 November 2020.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Dewan Hakim MTQ XIX, Kecamatan Citangkil memperoleh penilaian 107, Kecamatan Grogol 69, Kecamatan Purwakarta 66, Kecamatan Cibeber 43, Kecamatan Cilegon 41.

Selanjutnya, Kecamatan Jombang 39, Kecamatan Ciwandan 28 dan Kecamatan Pulomerak 22.

“Juara umum MTQ XIX 2020 diraih oleh Kecamatan Citangkil,” kata Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Cilegon, Abdullah Salim dalam sambuntanya,” Senin (30/11/2020).

Abdullah menambahkan, sebagai juara umum di MTQ XIX, tentunya harus bersiap diri untuk dapat bertanding kembali di MTQ ke XVIII 2021 Tingkat Provinsi Banten.

“Tentu persiapan khusus harus dilakukan untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Banten. Penyelenggaran MTQ tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Di mana, penyelenggaranya dilakukan secara virtual karena pademi covid-19 (virus corona). Meski di tengah pademi, Kafilah kita tetap menjalani pertandingan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Edi Ariadi mengapresiasi Kecamatan Citangkil yang berhasil meraih juara umum pada penyelenggaran MTQ XIX 2020 tingkat Kota Cilegon.

“Banggalah. Meski pademi covid-19, mereka (kafilah) yang ikut lomba masih terus berjuang. Harus dipertahankan. Apalagi tahun depan akan bertanding ke tingkat Provinsi Banten,” ujar Edi.

Di tempat terpisah, Sekmat Kecamatan Citangkil, Entik Atiqoh mengucap syukur akhirnya tahun ini, kafilah Kecamatan Citangkil bisa meraih juara umum pada MTQ XIX 2020. Tentunya kemenangan ini menjadi kebanggan untuk semua.

“Senang banget. Akhirnya bisa meraih juara umum. Kami optimis tahun depan akan membawa nama baik Kota Cilegon untuk dapat menjadi juara umum di tingkat Provinsi Banten yang rencana digelar di Tangerang Selatan,” ucapnya.

Ia juga meminta doa kepada semua masyarakat Kota Cilegon agar Kecamatan Citangkil mampu membawa nama baik Kota Cilegon pada penyelenggaraan MTQ ke XVIII. (Ully)