CILEGON, SSC – Kekeringan akibat kemarau di Kota Cilegon meluas. Selain di Kampung Watulawang dan Pasir Salam Kelurahan Gerem, kekeringan pun mulai melanda Lingkungan Gunung Tembulun, RT 01 RW 04 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak. Sekitar 130 kepala keluarga di wilayah ini mengalami krisis air bersih.

“Tak jauh berbeda di Gunung Batulawang, kini kekeringan sudah terjadi di Gunung Tembulun. Di sana (Gunung Tembulun,red) sumber mata air di Sumur Wungu sdh mulai menipis. Akibatnya, masyarajat di Lingkungan Tembulun sudah mengantri untuk mengambil air di sana,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon Ahmad Mafruh dikonfirmasi, Jumat (5/7/2019).

Masih kata Mafruh, warga yang mencari air mengaku sudah sulit mendaaptkannya. Karena sumber air di sejumlah Gunung tempat mereka tinggal mulai kering.

“Kemungkinan akan terus bertambah. Mengingat di Cilegon masih ada beberapa gunung lagi. Atas kondisi ini, kita akan terus memonitor kejadian tersebut ke beberapa kelurahan maupun kecamatan,” paparnya.

“Kita sih (BPBD,red) terus berkoordinasi dengan pihak kelurahaan dan kecamatan apabila ada terjadi kekeringan,” pungkasnya.

Diakuinya, untuk mensuplai air bersih ini, BPBD Cilegon terus berkoordinasi dengan PDAM CM untuk pendistribusian air bersih ke beberapa daerah yang dilanda kekeringan. (Ully/Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here