BPJN Banten Kementerian PUPR dan Pemkot Cilegon meninjau kesiapan Jalan Lingkar Selatan (JLS) jelang Mudik Lebaran, Selasa (26/3/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Banten meninjau kesiapan Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau Jalan Aat Rusli Kota Cilegon yang akan dijadikan jalur mudik Lebaran 2024, Selasa, (26/3/2024). Peninjauan itu dilakukan bersama dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon.

Tampak hadir Kepala BPJN Provinsi Banten, Wahyu Supriyo Winurseto, Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Plh Asda II, Aziz Setia Ade, Kepala DPUPR Cilegon, Tb Dendi Rudiatna dan pejabat lainnya.

Kepala BPJN Provinsi Banten, Wahyu Supriyo Winurseto mengatakan, Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau Jalan Aat Rusli Kota Cilegon merupakan jalur utama mudik menuju Pelabuhan Ciwandan bagi kendaraan roda dua yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

“Ini merupakan jalur utama menuju satu pelabuhan, yaitu Pelabuhan Ciwandan yang nantinya akan dioperasikan untuk kendaraan motor roda dua yang akan melakukan  penyeberangan ke pulau Sumatera,” ungkap Wahyu.

Kementerian PUPR, kata Wahyu, mendukung program prioritas Pemkot Cilegon dalam memperbaiki JLS. Di mana sebelumnya telah terlaksana perbaikan infrastruktur JLS dengan bantuan dana Inpres. Ia menyatakan, perbaikan itu meliputi perbaikan jalan dengan betonisasi dengan panjang 4,74 kilometer, perbaikan jembatan sepanjang 473 meter, pedisterian dan drainase.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Jadi disini waktu itu kondisi jalannya rusak karena adanya kendaraan berat, kondisi lalu lintasan dan sekitarnya. Dan disini kita melakukan pekerjaan rigit, beton sepanjang 4,74 km kemudian perbaikan pedestrian, perbaikan drainase,” ujarnya.

Dari perbaikan uang telah dilakukan itu, kata Wahyu, seluruh infrastruktur sudah dinilai siap digunakan untuk Mudik Lebaran tahun ini.

“Sehingga alhamdulilah saat ini sudah cukup mantap dan siap digunakan untuk arus mudik Lebaran Tahun 2024,” paparnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian menyampaikan, Mudik Lebaran tahun lalu menjadi sejarah bagi Kota Cilegon. Karena pihaknya dapat mengurai kemacetan arus mudik. Pada mudik Lebaran tahun ini, pihaknya telah melakukan persiapan seperti beberapa waktu lalu telah melakukan koordinasi dengan Kemenko PMK, Kemenhub dan saat ini dengan Kemeterian PUPR.

Pada kesempatan tersebut, Helldy berterimakasih setinggi-tingginya kepada Kementerian PUPR. Di mana Kementrian PUPR  telah membantu melakukan perbaikan infrastruktur JLS.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Di mana jalan ini melalui dana inpres dibantu sebanyak Rp 112 miliar. Kemudian tahun ini isinya Allah Rp 67 miliar dan hampir selesai sampai tahun 2025,” paparnya.

Helldy mengungkapkan, jumlah pemudik yang melintas di Kota Cilegon menuju Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak pada mudik ini diperkirakan akan melonjak.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata Helldy, pemerintah akan mengoperasikan tiga Pelabuhan yakni Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara.

Helldy menjelaskan, saat ini pihaknya juga akan menyalakan PJU yang ada di JLS. Ada sebanyak 700 unit PJU yang akan dinyalakan untuk pemudik. Kemudian untuk melayani pemudik, Pemkot Cilegon juga akan mendirikan posko-ppsko kesehatan.

“Kemudian lampu juga ada permintaan ada 350 tiang lampu, berarti kali 2 ada 700 lampunya juga akan kita nyalakan. dan kami Pemkot Cilegon juga sudah alokasi untuk ruang istirahat,” pungkasnya. (Ronald/Red)