Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Miraj saat diwawancara di kantornya. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Miraj angkat bicara terkait molornya penunjukan komisaris dan direksi PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) yang hingga saat ini belum ditetapkan.

Isro mengapresiasi jika penetapan itu belum diputuskan karena Walikota Cilegon, Helldy Agustian selaku kuasa pemegang saham penuh PCM memegang prinsip kehati-hatian. Akan tetapi, tahapan seleksi  sudah dirumuskan tim panitia seleksi (pansel) di mana penetapan definitif pimpinan PCM semestinya sesuai jadwal.

“Itulah yang kita tanyakan, kenapa kendalanya. Kalau persoalan karena PPKM, buktinya BPRS-CM jalan,” ungkapnya, Senin (19/7/2021).

Alasan lain, penunjukan segera dipercepat karena kondisi bisnis PCM harus diselamatkan. Belakangan sejak kerja sama jasa pemanduan tugboat diputus oleh PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), pendapatan PCM merosot.

Baca juga  Demo Hari Tani, Mahasiswa Cilegon Soroti Lahan Pertanian Menyusut Akibat Industri

Lanjut Isro, bagaimanapun pendapatan PCM selaku perusahaan BUMD Kota Cilegon  sangat diandalkan ditengah pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cilegon dari sektor lain nyaris tidak ada disaat PPKM Darurat diberlakukan.

“Ini harus ada (pimpinan) definitif, karena ini sangat menganggu profit PCM. Sementara kan program PCM sangat diandalkan karena disaat PPKM ini, pendapatan pemkot merosot dari kafe, tempat makan, dari hotel dan restoran nyaris tidak ada,” ungkapnya.

Penetapan tersebut juga harus dipercepat mengingat saat ini PCM dipimpin seorang pelaksana tugas (Plt) direktur utama yang memiliki kewenangan sangat terbatas.

Oleh karena itu, Politisi Partai Golkar meminta agar Pemkot tidak menunda-nunda jangan sampai ditengah kondisi yang sudah pelik malah muncul isu liar.

Baca juga  Jelang Pemilu 2024, Partai-partai baru Sowan ke KPU Cilegon

“Nah itu, kenapa tidak cepat memutuskan direktur definitif, biar tidak ada persoalan. Dia harus benahi dengan baik, supaya ada definitif yang bisa menjadi decision maker. Kalau ini kan hanya Plt, kebijakannya akan terganggu. Jadi kalau saya melihat, segera dilakukan penunjukan. Supaya PCM pendapatannya tidak merosot,” tegasnya. (Ronald/Red)