Engga Rahmawati, (34) ASN di DPUPR Kota Cilegon yang menerima beasiswa ke Seoul, Korea Selatan, Selasa (26/9/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Rasa syukur diungkapkan oleh Engga Rahmawati, (34). ASN di Pemerintahahan Kota (Pemkot) Cilegon ini berhasil menjadi satu-satunya ASN yang berkesempatan bisa melanjutkan kuliah di luar negeri secara gratis.

Engga yang bekerja sebagai Pejabat Fungsional Teknik Pengairan Ahli Pertama di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Cilegon mendapatkan beasiswa dan akan menempuh pendidikan Strata dua (S2) dengan pilihan 3 universitas, yakni universitas Sungkyunkwan University, Postech University dan Ewha Womans University. Ia berkesempatan melanjutkan pendidikan dengan jurusan water resource.

Wartawan Selatsunda.com berkesempatan mewawancarai ASN cantik ini.  Engga mengungkapkan rasa syukurnya dapat melanjutkan kuliah di luar negeri.  Melanjutkan S2, kata dia, merupakan impiannya dan tak ingin disia-siakan.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Senang sekaligus terharu banget bisa mendapatkan kesempatan bisa melanjutkan kuliah di Korea. Insya Allah, Bismilaah, gak akan menyiayiakan kesemptan ini,” kata Engga, Selasa (26/9/2023).

Ia menceritakan, awal mendapatkan beasiswa S2 lewat program CSR dari PT Krakatau Posco. Di mana program itu terwujud dari keinginan dari Walikota Cilegon, Helldy Agustian, yang meminta adanya beasiswa untuk ASN supaya bisa kuliah di Korea. Atas permintaan itu kemudian PT Krakatau Posco menyetujui dan merestui, beasiswa diberikan untuk ASN.

“Sebenarnya dari PT Krakatau Posco, beasiswa tersebut dikhususkan untuk umum. Tapi, karena komunikasi Pak Walikota yang memfasilitasi semua, akhirnya disetujui oleh Krakatau Posco, dan dari BKSDM (Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia) Kota Cilegon yang mendistrubusikan informasi adanya beasiwa ke Korea ke seluruh OPD. Akhirnya, saya masukan seluruh persyaratan ke website, dan alhamdullilah nama saya terpilih untuk menerima beasiswa tersebut,” ujarnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia menambahkan, dirinya saat ini dia sedang mempersiapkan dokumen untuk pengurusan visa serta keberangkatannya pada 2024 mendatang.

Engga mengungkapkan, dengan menerima beasiswa ini dapat memberi manfaat bagi dirinya untuk memajukan pembangunan Kota Cilegon.

“Rencanaya, tahun depan saya akan melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan water resource,” tambahnya.

“Tentunya dengan saya mendapatkan beasiswa ini, bisa menjadi manfaat dan semangat untuk teman-teman ASN di Lingkup Pemkot Cilegon untuk terus berjuang dalam membangun daerah dan kota,” pungkasnya. (Ully/Red)