Plt. Walikota Cilegon H. Edi Ariadi didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Cilegon Hj. Rt. Ati Marliati dan Jajaran, Kepala DP3AKB Hj. Heny Anita Susila dan jajaran, serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon H. Muhtar Gozali dan jajaran, menerima Piala dan Penghargaan Kota Layak Anak dan Sekolah Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, di Gedung Dyandra Convention Center Surabaya, Senin (23/7/2018). Foto Humas Pemkot Cilegon

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Surabaya, Senin (24/7/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlundungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, penghargaan yang berhasil disabet Kota Cilegon berkat kerja keras seluruh pihak. Salah satu yang diukur dalam penghargaan itu, kata Heni, bagaimana Cilegon dapat menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Alhamdulillah dapat penghargaan, namun tujuannya anak-anak di sini bisa berhasil dan sukses serta bisa menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Cilegon,” kata Heni dikonfirmasi, Selasa (24/7/2018).

Heni memaparkan, berbagai indikator lain juga menjadi pertimbangan penting dalam penilaian Kota Layak Anak yaitu bagaimana pemkot secara cepat menangani permasalahan terhadap anak.

“Begitu ada kejadian, kami dampingi anak-anak itu. Mulai dari urusan rumah sakit, tempat tinggal hingga masuk sekolah” terangnya.

Heni bersyukur, upaya yang dilakukan selama ini membuahkan hasil untuk Cilegon. Pemkot akan terus berupaya mewujudkan bagaimana anak-anak bisa memperoleh sesuai dengan haknya baik pendidikan, kesehatan dan hak-hak untuk bermain secara layak.

“Saya ingin semua anak Kota Cilegon tidak ada korban dari kasus kekerasan rumah tangga maupun pelecehaan seksual,” terangnya.

Diketahui selain Cilegon, kota lain di Provinsi Banten juga meraih penghargaan yang sama baik Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Serang.

“Kami (Pemkot Cilegon) sangat bersyukur akhirnya Kota Cilegon dapat meraih sebagai Kota Layak Anak meski mendapat kendala dalam meraih penghargaan ini. Ini semua berkat kerja bersama, dukungan Pak Walikota (Edi Ariadi), Sekda Kota Cilegon (Sari Suryati) Asda I Kota Cilegon (Taufiqurrohman) dan OPD terkait yang telah berpartisipasi dalam meraih penghargaan Kota Layak Anak,” tambahnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here