CILEGON, SSC – Untuk kedua kalinya, Kota Cilegon berhasil mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Penghargaan dengan predikat Tipe Madya ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise dan diterima Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat di Makassar, Selasa (23/7/2019) malam.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise menyerahkan penghargaan Kota Layak Anak tingkat Madya ke Walikota Cilegon, Edi Ariadi di Makassar,” Selasa (23/7/2019) malam.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengapresiasi kinerja seluruh OPD khususnya kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) yang telah mewujudkan Kota Cilegon sebagai Kota Layak Anak tingkat Madya. Dengan penghargaan ini, Cilegon bisa lebih baik lagi.

“Bagus ini. Apalagi saya dengar dari Bu Heni (Kepala DP3AKB) udah dua kali Cilegon dapat penghargaan. Harus didukung terus agar kedepan, Cilegon bisa lebih baik lagi,” kata Edi, Rabu (24/7/2019).

Sementara itu, Ketua DP3AKB Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, untuk kedua kali, Kota Cilegon membawa pulang penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Untuk tahun sebelumnya, Cilegon berhasil membawa penghargaan tingkat Pratama. Sementara saat ini Cilegon berhasil mendapat penghargaan untuk katagori tingkat Madya.

“Alhamdullilah untuk kedua kalinya, Kota Cilegon bisa membawa pulang penghargaan dari Kemen PPPA. Penghargaan yang kami terima ini, merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat terhadap kota/kabupaten di Indonesia yang benar-benar perduli terhadap pembangunan guna memenuhi hak-hak dan kebutuhan anak,” kata Heni terkonfirmasi,” Rabu (24/7/2019).

Heni mengaku, program Kota Layak Anak ini sudah sejak 2015 dijalankan DP3AKB. Namun baru pada 2018, Cilegon menerima penghargaan dari pemerintah pusat untuk katagori Kota Layak Anak.

“Baru 2018 ini, Cilegon berhasil meraih penghargaan untuk katagori Kota Layak Anak di tingkat Pratama. Dan tahun ini, kita (Pemkot Cilegon,red) kembali naik kelas ke tingkat Madya.

Kini, Pemkot Cilegon berupaya untuk meraih penghargaan lebih tinggi lagi yakni penghargaan Kota Layak Anak untuk kategori tingkat Nindya. Untuk itu, pihaknya berharap agar program Kota Layak Anak dapat terus disinergikan dengan OPD lain. Sehingga  penghargaan tingkat Nindya yang dicita-citakan bisa tercapai.

“Tentunya, kita akan terus memaksimalkan koordinasi semu peran gugus tugas kota layak anak. Tak lupa, peran masyarakat dan dunia usaha pun akan kita minta agar Kota Cilegon terus mempertahankan penghargaan tersebut,” jelas Heni.

Heni juga berharap, dengan penghargaan yang telah diraih oleh Kota Cilegon, kasus kekerasan dan kejahatan seksual khususnya pada anak bisa berkurang. Selain itu, peningkatan mutu pendidikan anak di Cilegon dapat lebih baik dan semakin banyak ruang terbuka hijau dan ruang ramah anak yang aman di Kota Cilegon. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here