KPU Cilegon menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Cilegon Pemilu 2019 di salah satu hotel di Kota Cilegon,” Kamis (20/9/2018). KPU menetapkan 452 caleg masuk DCT. Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon telah menetapkan dua mantan narapidana kasus korupsi masuk dalam DCT (Daftar Calon Tetap) pada Pemilihan Umum (Pemilu) anggota legislatif 2019 Kota Cilegon. Dua caleg yang dinyatakan lolos ini yaitu Joni Husband dari Partai Demokrat Joni Husband dan Syamsu Arif dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Hari ini clear dua eks koruptor yang sebelumnya statusnya TMS (Tidak Memenuhi Syarat) saat ini masuk kembali daam DCT,” kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi usai Penyelenggaran Rapat Pleno Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Cilegon pada Pemilu 2019 yang digelar di salah satu hotel di Kota Cilegon,” Kamis (20/9/2018).

Ia menuturkan, KPU Kota Cilegon telah menetapkan sebanyak 452 calon legislatif (Caleg) yang ditetapkan masuk kedalam DCT. Total ini sudah termasuk pada dua caleg mantan terpidana korupsi.

“Sebelumnya kan ada 451 terus mengundurkan diri satu orang. Lalu, masuk lagi dua caleg ini (mantan eks korupsi,red) kedalam DCT,” tuturnya.

Menurutnya, dua caleg ini dinyatakan Menenuhi Syarat (MS) setelah sebelumnya dinyatakan KPU Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Disahkannya kedua ini bukan tanpa alasan.  Penetapan dengan mempertimbakan hasil Putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 46 tahun 2018 dan Surat Edaran KPU RI nomor 1095 tahun 2018 tentang Putusan MA.

“Dua caleg yang dulu TMS saat ini sudah masuk DCT,” ujarnya.

Usai ditetapkan DCT, lanjut Irfan, seluruh caleg dapat melakukan tahapan kampanye mulai dari tatap muka, pertemuan terbatas hingga pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) sebagaimana di helat dari 23 September hingga 13 April 2019.

“Diharapkan, dengan waktu yang sudah ditetapkan ini, para caleg bisa memanfaatkan waktu kampanye dengan semaksimal mungkin. Jangan ada fitnah, hoaks maupun keluar dari koridor dan batasan yang sudah ditetapkan oleh KPU,” lanjutnya.

Sementara, Caleg Partai Demkorat Joni Husband mengaku bersyukur bahwa dirinya lolos pada penetapan DCT. Segala upaya akan diperjuangkan untuk dapat duduk di kursi parlemen 2019-2024.

“Bersyukur banget dengan hasil yang maksimal ini. Banyak perjuangan dan waktu yang sudah dikorbankan. Setelah ini, saya akan berjuang semaksimal mungkin agar bisa mengambil simpatik masyarakat,” tungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here