Foto Grafis Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menindak lanjuti Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD, Syihabudin Syibli yang meninggal dunia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Selatsunda.com, PAW Sihabudin Sibli kepada calon anggota legislatif, Deri Muhlisin tertuang dalam surat berita acara KPU dengan nomor 152/KPU-Clg.3-3672/IX/2021 tentang Pergantian Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Cilegon dari Partai Persatuan Pembangunan atas nama Sihabudin Sibli. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Cilegon Irfan Ali Alfi tertanggal 23 September 2021.

Kepala Divisi Pencalonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon Eli Jumeli mengatakan, KPU Kota Cilegon telah menyerahkan surat berita acara PAW Sihabudin Sibli dari Partai Persatuan Pembangunan ke DPRD Kota Cilegon pada Jumat (24/9/2021) lalu.

“Kami menindaklanjuti surat permohonan PAW dari Ketua DPRD Kota Cilegon untuk dilakukan PAW Sihabudin Sibli. Dan pada Jumat kemarin sudah kami serahkan ke DPRD surat PAW tersebut,” kata Eli kepada Selatsunda.com, Minggu (26/9/2021).

Baca juga  Tabrakan di Depan Gedung DPRD Banten Libatkan Mobil Fortuner dan 2 Motor, Satu Orang Tewas

Sebelum surat tersebut diserahkan, kata Eli, DPRD Kota Cilegon telah menyerahkan Surat Verikasi PAW Deri Muslisin ke KPU Cilegon pada Selasa (21/9/2021). Selanjutnya, KPU Cilegon menindaklanjuti surat verikasi PAW Deri Muslisin.

“Selanjutnya, tinggal dari DPRD Cilegon yang menindalanjuti surat rekomendasi kami,” jelas Eli.

Eli menyatakan, nama calon anggota DPPD yang diusulkan mengantikan alhmarhum menjadi hak sepenuhnya KPU Cilegon. Di mana salah satu kriteria PAW yang diatur dalam Peraturan KPU berdasarkan hasil rekaptulasi suara partai dan suara caleg pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

“Meskipun partai mengajukan nama a, b dan c yang berhak menentukan nama anggota DPRD yang di PAW tetap kami (KPU Cilegon). Kebetulan, PPP merekomendasikan Deri Muslihin,” papar Eli.

Sementara itu, Sekwan DPRD Kota Cilegon Bambang Hario Bintan mengaku belum mengetahui tembusan berita acara PAW Almarhum Sihabudin Sibli dari KPU Kota Cilegon.

Baca juga  Gegara Ngantuk, Minibus Daihatsu Xenia Nyungsep ke Sawah di Kawasan Banten Lama

“Nanti saya cek dulu di Senin (27/9/2021) ke staf DPRD apakah sudah ada berita acara PAW dari KPU Cilegon. Sebab, Jumat kemarin, kita tengah menggelar hearing RKA dengan komisi 1,” jelas Bambang.

Masih kata Bambang, pihaknya jika nanti telah menerima berita acara PAW dari KPU Cilegon akan menyampaikannya kepada pimpinan DPRD Cilegon. Selanjutnya, pimpinan DPRD akan menyerahkan surat disposisi kepada kepala daerah untuk ditindaklanjuti ke Gubernur Banten, Wahidin Halim.

“Setelah terbit SK Gubernur Banten, nanti SK tersebut akan diserahkan lagi kepala daerah sehingga kepala daerah bisa menyampaikan kepada pimpinan DPRD, untuk bisa digelar Rapim (Rapat Pimpinan) Banmus (Badan Musyawarah) sehingga bisa diagendakan rapat paripurna istimewa DPRD,” pungkas Bambang. (Ully/Red)