Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat menghadiri Pemberian Remisi Narapidana di Lapas Cilegon, Selasa (17/8/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Cilegon menyatakan, semangat narapidana khususnya narapidana berusia muda dalam mengembangkan kreatifitas desain grafis sangat tinggi. Namun semangat itu urung tercapai karena peralatan terbatas.

Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon Erry Taruna DS mengatakan, peralatan seperti laptop sangat dibutuhkan untuk mengembangkan skill narapidana. Terlebih bagi mereka yang memiliki bakat di bidang desain grafis.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 yang dihadiri oleh Walikota Cilegon, Helldy Agustian, kata Erry, pihaknya memohon agar Pemkot Cilegon diharapkan dapat membantu untuk menfasilitasinya.

“Kita (Lapas Cilegon) memerlukan support dari Pak Walikota Cilegon untuk bisa memberikan laptop gratis kepada kami. Saat ini, kami tengah mengembangkan kreatifitas di bidang desain grafis. Namun,  karena kebutuhan peralatan desain grafis masih minim jadi masih belum bisa menjangkau semuanya,” kata Erry kepada awak media usai kegiatan pemberian remisi masa tahanan kepada 833 napi di Lapas Cilegon, Selasa (17/8/2021).

Baca juga  Lapas Cilegon Butuh Bantuan Pemkot  Pasarkan Hasil Karya Narapidana

Sejauh ini, kata Erry, keinginan narapidana usia muda untuk mengembangkan desain grafis tinggi. Hal itu terlihat dari pembinaan yang telah diberikan pihaknya. Ia berharap, pemkot dapat membantu pihaknya. Karena pada era ini, desain grafis sangat dibutuhkan dalam perkembangan industri kreatif.

“Rasa keingintahuan para anak-anak muda di sini (Lapas Cilegon) jauh lebih tinggi jika dibandingkan mereka mengerjakan hal-hal seperti main game saja. Mininal, Pemkot Cilegon melalui dinas terkait, bisa membantu Lapas Cilegon untuk memberikan 6-10 unit laptop gratis untuk para napi di sini,” ujar Erry.

Menanggapi hal ini, Walikota Cilegon, Helldy Agustian siap membantu para napi di Lapas Kelas IIA Cilegon untuk mendapatkan laptop gratis dalam meningkatkan kreativitas dibidang desain grafis.

Baca juga  Kota Cilegon Kerap Banjir, Ternyata Ini Penyebabnya!

“Prinsipnya kami (pemerintah) siap membantu. Tinggal nanti Pak Kalapas harus membuat surat permohonan langsung ke saya atau ke dinas. Dengan bantuan ini, semua hasil kreasi napi di Lapas Cilegon bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Cilegon,” pungkas Helldy. (Ully/Red)