BPTD Banten dan sejumlah perwakilan Pemkab Pandeglang melakukan penanaman pohon di Terminal Tipe A Labuan, Kamis (31/8/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

PANDEGLANG, SSC – Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab setiap manusia. Ini juga dilakukan oleh institusi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Hari ini, Kamis (31/8/2023), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten melaksanakan penanaman ratusan pohon kayu keras dan buah-buahan.

Penanaman dilakukan di Terminal Tipe A Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dihadiri Kepala BPTD Kelas II Banten Benny Nurdin Yusuf, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang, Perwakilan Dinas Lingkungan Hudup (DLH) Pandeglang, Camat Pagelaran, perwakilan Polsek dan Koramil Pagelaran, serta beberapa tokoh masyarakat di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.

Kepala BPTD Banten, Benny Nurdin Yusuf mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon di Terminal ini rutin dilakukan BPTD Banten. Sebelumnya pihaknya melakukan penanaman pohon di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kantor BPTD Banten, Jembatan Timbang Cimanuk. Saat ini penanaman pohon dilakukan di Terminal Labuan.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian Jumat bersih yang saya canangkan di BPTD Kelas II Banten dan kali ini saya melaksanakan penanaman seratus pohon kayu keras dan buah di Terminal Tipe A Labuan, Pandeglang,” ungkap Benny di sela-sela kegiatan penanaman pohon.

Baca juga  Selama Lebaran, Volume Sampah di Cilegon Naik Hingga 15 Persen

Benny menerangkan, penanaman pohon dilakukan dalam rangka mendukung program Go-Green pemerintah yang sekaligus menyikapi persoalan polusi udara yang belakangan dinilai kurang baik untuk kesehatan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

“Harapan kami ini bagian daripada BPTD dalam rangka mendukung program Go-Green dan juga seiring dan sejalan kondisi udara kita yang sedang tidak baik-baik saja,” terangnya.

Terkait program penanaman pohon yang dicanangkanya, Benny mengaku akan menerima bantuan sebanyak 1.000 pohon dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang. Bantuan pohon ini nantinya akan ditanam di sejumlah lokasi kantor milik BPTD Banten.

“Saya pikir gaung penanaman pohon ini bisa sampai ke masyarakat, sehingga bisa diikuti dan dapat menciptakan situasi lingkungan terminal menjadi asri,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Lingkungan pada DLH Kabupaten Pandeglang, Diah Lufitanigsih mengapresiasi langkah yang dilakukan BPTD Kelas II Banten dalam menjaga lingkungan agar tetap sejuk dan asri.

Baca juga  Tingkatkan Retribusi, Perusahaan yang Gunakan  Tenaga Kerja Asing di Cilegon Dikumpulkan

Diah Lufitanigsih menuturkan, melalui program penanaman pohon tersebut dapat menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungan Terminal.

“Memang kita harapkan disetiap titik lokasi atau tempat fasilitas umum seperti Terminal ini memiliki RTH untuk masyarakat,” terang Diah.

Kata Diah melanjutkan, selain untuk pelestarian lingkungan melalu penananan pohon ini juga dapat memberi manfaat kepada masyarakat ketika berada di RTH.

“Karena fungsi RTH itu banyak sekali, pertama untuk ketersediaan oksigen, menyerap karbon dioksida, peneduh dan penyerap air pada yang sekaligus berfungsi untuk mencegah terjadinya banjir pada saat musim hujan,” paparnya.

Diah mengutarakan, pihaknya untuk mendukung program BPTD akan menyumbang sebanyak 1.000 pohon. Pohon akan ditanam di lokasi-lokasi perkantoran BPTD Banten.

“Sebenarnya sesuai dengan kebutuhan, kalau memang kebutuhanya 1.000 pohon mangga disesuaikan dan mungkin disesuaikan dengan lokasi yang ada,” pungkasnya. (Ronald/Red)