Salah seorang pengunjung diselamatkan petugas SAR Gabungan pasca digulung ombak di Pantai Pasir Putih, Kabupaten Serang, Minggu (9/6/2019). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mencatat sebanyak 2 wisatan selamat dan 2 wisatawan meninggal dunia di objek wisata yang ada di Provinsi Banten.

Staf Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, Joni E Wangga mengatakan, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Serang, tercatat sebanyak 4 kecelakaan di lokasi objek wisata selama libur lebaran tahun ini. Tiga orang korban merupakan kecelakaan akibat tergulung ombak di pantak dan 1 orang lagi berenang di kolam renang.

“Yang meninggal kebanyakan karena kecelakaan laut seperti tenggelam akibat terseret ombak,” kata Joni dikonfirmasi, Minggu (9/6/2019).

Ia mengungkapkan, angka kecelakaan laut akibat tergulung ombak pada tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2018.

“Saya pikir tahun ini jauh lebih tinggi korban laka laut dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun lalu sendiri tidak ada kecelakaan laut,” ungkapnya.

Menurut Joni, antusias wisatawan berlibur ke pantai di Banten tergolong tinggi setelah pemerintah menyatakan aman setelah kejadian bencana tsunami tahun lalu. Pantai Anyer, Carita dan sekitarnya pada Libur Lebaran ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan.

“Tahun lalu kan kan pesisir Banten terjadi Tsunami dan Pemerintah Pusat menyatakan Banten tak aman. Tapi karena tahun ini pemerintah telah mencabut hal ini, jadi masyarakat mulai berbondong ke Anyer untuk berlibur. Tidak tahunya, kondisi laut tinggi sehingga membuat para wisatawan tergulung ombak,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kembalinya korban laka laut, BPBD mendirikan pos gabungan yang berada di belakang salah satu hotel di Anyar. Pos gabungan ini bekerjasama dengan Basarnas, Balawista dan Polairud Polda Banten.

Sementara itu, Koordinator Bidang Komunikasi dan Informasi Balawista Banten Lulu Jamaludin mengimbau agar wisatawan lebih berhati-hati dan mengikuti prosedur keselamatan serta berwisata di lokasi yang diawasi langsung penjaga pantai (lifeguard). (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?