Direktur Utama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PT PCM), Muhammad Willy. (Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – PT Pelabuhan Cilegon Mandiri  (PT PCM) berhasil meraih predikat Top BUMD Terbaik 2024. Penghargaan diberikan kepada BUMD yang sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap. Penghargaan ini diberikan kepada PT PCM dari media TOP Bisnis Institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA). Selain itu, penghargaan ini juga diberikan juga kepada Direktur Utama,Muhammad Willy sebagai direktur terbaik BUMD 2024 oleh media TOP Bisnis Institusi

Direktur Utama PT PCM, Muhammad Willy mengatakan, penghargaan diberikan atas pencapaian kinerja PT PCM yang telah memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk daerah.

“Jadi yang dinilai oleh mereka untuk PT PCM, yaitu, pencapaian, kontribusi terhadap PAD serta perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan,” kata Willy kepada Selatsunda.com, Rabu (28/2/2024).

Baca juga  Pemkot Cilegon Masih Kaji Rencana Pemindahan RKUD ke Bank Banten

Willy menambahkan, rencananya penghargaan ini akan diberikan pada Rabu (20/2/2024) mendatang yang langsung dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin di Jakarta.

“Sebelum mendapat penghargaan ini, beberapa bulan lalu, saya melakukan presentasi tentang banyak hal. Mungkin dari presentasi ini, mereka melihat PT PCM berhak mendapatkan penghargaan ini,” tambah Willy.

Kata Willy, beberapa perbaikan yang sudah dilakukan manajemen untuk bisnis Pelabuhan Cilegon Mandiri, yakni, mengubah prinsip bekerja yang sebelumnya ke manual menjadi berintegrasi ke Pemerintah Pusat.

“Dengan sistem integrasi ini, maka akan mengurangi kerja manual agar mempertahankan akurasinya. Dan beberapa bulan lalu pun kita diapresiasi oleh Kemenhub RI atas sistem akurasi ini. Yang mana sebelumnya, sistem yang kami jalankan ini masih sistem manual,” kata Willy.

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

Untuk mempertahankan semua ini, Willy mengaku, jika pihaknya tetap bekerja dengan baik sehingga bisa mencapai semua target yang ditetapkan. Bahkan, di 2024, sesuai dengan RKAP, PT PCM menargetkan pendapatan di 2024 sebesar Rp 167 miliar. Pencapaian ini lebih tinggi 10 persen dibandingkan 2023 lalu.

Perlu dIketahui, PT PCM telah meraih 3 penghargaan. Penghargaan pertama dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Penghargaan kedua dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan penghargaan ketiga dari Top Bisnis. (Ully/Red)