Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Selasa (27/7/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama dengan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Selasa (27/7/2021) pagi. Dalam peninjauan vaksinasi tersebut turut hadir Direktur Utama PT ASDP, Ira Puspadewi dan Walikota Cilegon, Helldy Agustian.

Menhub Budi, Kasal Laksamana TNI Yudo dan rombongan saat tiba di Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak langsung meninjau masyarakat yang mengikuti vaksinasi. Rombongan tampak dengan program rokok kesehatan yang ketat berinteraksi dengan peserta mulai di posko tunggu hingga posko penyuntikan dosis vaksin.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama dengan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono berinteraksi dengan peserta vaksinasi

Menhub Budi usai peninjauan mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Merak adalah satu contoh yang baik dilakukan TNI AL bekerjasama dengan seluruh unsur pemerintahan. Karena vaksinasi dianjurkan Presiden RI Joko Widodo untuk digelar di seluruh daerah termasuk di Kota Cilegon.

Dengan melihat tingkat vaksinasi di Cilegon yang baru mencapai 18 persen, maka dari itu pihaknya perlu melakukan percepatan.

Baca juga  KPU Cilegon Tindak Lanjuti PAW Anggota DPRD Meninggal Dunia

“Pak Presiden memang menganjurkan kami melakukan intensifikasi vaksinasi. Daerah Merak ini, Cilegon baru 18 persen. Jadi kita tingkatkan agar menjadi paling tidak 60 persen,” ungkap Menhub.

Oleh sebab itu, kembali kata Budi, Kemenhub dengan TNI AL dan unsur TNI lain dan Polri bersama-sama akan terus mempercepat akselerasi vaksinasi ke masyarakat. Salah satunya masuk pada simpul-simpul sarana transportasi menyasar pengguna jasa dan masyarakat di Pelabuhan Merak.

“Simpul transportasi menjadi penting untuk dilakukan, karena perlintasan dari masyarakat satu tempat ke tempat lain.
Paling tidak disini ada satu filter tertentu yang bisa dilakukan dengan baik,” terangnya.

Budi menyatakan, pelaksanaan vaksinasi selain untuk pengguna jasa dan masyarakat sekitar juga menyasar para kru kapal yang ada di perairan. Dengan bantuan kapal TNI AL diharapkan vaksinasi dapat dipercepat.

Baca juga  Lapas Cilegon Butuh Bantuan Pemkot  Pasarkan Hasil Karya Narapidana

Sementara, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menerangkan, pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Merak merupakan satu program TNI AL dalam mempercepat program vaksinasi nasional dari Sabang sampai Merauke. Saat ini, pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Merak menyasar 1.500 peserta.

Yudo menyatakan, TNI AL selain di Pelabuhan Merak juga melaksanakan vaksinasi dengan menyasar pelaku pelabuhan lainnya baik di pelabuhan perikanan, masyarakat di pulau terpencil hingga kru pada kapal penyeberangan yang beroperasi. Pihaknya berharap, vaksinasi akan tetap terus dilanjutkan. Sehingga seluruh masyarakat dalam kondisi sehat.

“Harapan kita, di pelabuhan penyeberangan ini, para pekerja maupun yang berkepentingan yang melaksanakan penyeberangan akan kita lakukan vaksinasi semuanya. Berikutnya nanti di Bakauheni, juga demikian akan kita sasar juga,” paparnya.

“Saya harapkan masyarakat yang melakukan perekonomian saya harapkan sehat semuanya,” pungkas Kasal. (Ronald/Red)