DPRD Kota Cilegon menggelar Shalat Istisqa di halaman DRPD, Senin (16/10/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – DRPD Kota Cilegon menggelar shalat istisqa untuk meminta turun hujan, Senin (16/10/2023). Shalat dilaksanakan di halaman Kantor DPRD Kota Cilegon sekitar pukul 07.00 WIB. Shalat Istisqa selain unsur pimpinan dan anggota dewan juga diikuti jajaran staf DPRD.

Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Mi’raj mengatakan, pihaknya sebagai unsur pimpinan dan juga anggota dewan mempunyai niat dan tujuan yang sama bagaimana bermunajat, meminta ridho dari Allah SWT karena biasanya diakhir tahun sudah turun hujan. Agar dapat turun hujan, pihaknya berdiskusi dan meminta masukan dari kiai dan ulama untuk melaksanakan shalat istisqa. Dari masukan itu, shalat harus dilaksanakan sebanyak tiga kali.

“Sehingga kami berdiskusi, dan ada masukan dari kiai dan ulama, biasanya katanya, shalat istisqa itu biar tiga kali. Maka ketika pemerintah daerah sudah, DPRD hari ini mudah-mudahan Kemenag melaksanakan, insya Allah,” ujar Isro usai kegiatan shalat istiqa.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Isro menyatakan, shalat istisqa dilaksanakan karena kondisi saat ini banyak terjadi kekeringan di Kota Cilegon. Pihaknya berharap hujan dapat segera turun dan musim kemarau dapat segera berlalu.

“Berharap kita dan mudah-mudahan tidak lama lagi. Seperti khotbah tadi disampaikan, hujan secukupnya. Jangan lagi hujan membawa bencana. Hujan secukupnya itu, sesuai kebutuhan untuk masyarakat Cilegon,” paparnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik. Sebagai muslim, kata Hasbi, kalau ada yang sekiranya kurang seperti kondisi kekeringan saat ini dapat memohon kepada Allah SWT.

“Tugas kita sebagai muslim kalau ada hal yang kita kira umatnya kurang, maka harus memohon kepada Allah SWT. Dan memang kekurangan kita hari ini setelah kita melihat daerah lain yang kekurangan air, sehingga banyak pohon yang sudah (kering) bahkan hewan ternak yang kekurangan (air),” tuturnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia berharap, shalat istisqa yang digelar ini dapat memberi contoh kepada umat yang lain untuk diikuti dan diharapkan doa yang disampaikan dapat dikabulkan Allah SWT.

“Dan tentu harapannya mudah-mudahan doanya dikabulkan Allah SWT. Dan segera turun hujan secukupnya yang dibutuhkan oleh umat manusia yang tentu yang saat ini dilanda kekeringan,” pungkasnya. (Ronald/Red)