Warga berusaha melintasi banjir yang terjadi di Cilegon. Foto : Dokumentasi Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mulai memetakan wilayah-wilayah di Kota Cilegon yang berpotensi banjir saat memasuki musim penghujan.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian menyebutkan, terdapat tiga titik rawan banjir yang patut diwaspadai. Tiga titik banjir ini, yaitu, Kecamatan Cibeber, Ciwandan dan Kecamatan Pulomerak.

“Saya instruksikan agar titik-titik rawan ini patut diantisipasi dan waspadai. OPD terkait segera benahi,” kata Helldy kepada awak media usai Apel Pasukan Siaga Banjir di Kantor BPBD Cilegon, Rabu (22/9/2021).

Mantan Kepala Cabang Tunas Toyota ini meminta agar OPD terkait juga mencari penyebab utama banjir yang sering terjadi di 3 wilayah tersebut.

“Tolong untuk Kecamatan Cibeber, apa penyebab banjir harus segera diselesaikan. Begitu juga Lingkungan Kebanjiran (Kecamatan Ciwandan). Saya minta lebih serius tangani banjir ini,” sambung Helldy. saya tidak ingin lingkungan itu

Baca juga  Jadi Temuan OJK, Aset Tanah BPRS Cilegon Mandiri Dijual

Saat itu, Helldy pun meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon untuk segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai, Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3) Kementerian PUPR. Koordinasi itu terkait pengendalian banjir di daerah aliran sungai yang menjadi kewenangan daerah ataupun BBWS C3.

“Saat ini bagaimana koordinasi dengan balai besar. Tolong perkuat komunikasinya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Cilegon Maman Mauludin meminta jajarannya mengaktifkan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengendalian banjir. Salah satunya dengan lomba kebersihan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kita adakan saja lomba kebersihan lingkungan, agar masyarakat terdorong untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Nanti pemenangnya kita umumkan di HUT Kota Cilegon,” ucapnya.

Baca juga  Korban Laka Truk Tangki Kimia di Tol Merak Dirawat di 2 Rumah Sakit, 23 Orang Diizinkan Pulang

Pada bagian lain, Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon Ridwan mengatakan, terdapat 52 titik banjir yang tersebar di delapan kecamatan Kota Cilegon.

“Kami sudah melakukan normalisasi sungai di beberapa titik. Kami pun sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR di titik-titik banjir di bawah jalan nasional,” katanya. (Ully/Red)