Gedung DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Partai NasDem (Nasional Demokrat) dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mensepakati untuk membentuk satu fraksi di DPRD Kota Cilegon. NasDem yang memperoleh 3 kursi dan PKB 1 kursi bersepakat gabung bersama dan menamainya Fraksi NasDem dan PKB.

“Dari hasil pertemuan antara Partai NasDem dan PKB telah disepakti kalau nama fraksi tersebut yakni, Fraksi NasDem dan PKB. Nama tersebut tidak boleh disingkat-singkat atas instruksi dari DPP Partai NasDem,” kata Erik saat dikonfirmasi, Sabtu (10/9/2019).

Erik menyebut, penggabungan ini sebagai syarat pembentukan fraksi dalam memenuhi minimal 4 kursi. Keduanya pun sudah sepakat menentukan komposisi di dalam fraksi.

“Semua sudah disepakti bersama dan kesepakatan ini berdasarkan atas kedua belah pihak. Yang menjabat sebagai ketua fraksi ada di Partai NasDem, wakil ketua ada di PKB dan sekretaris berada di NasDem,” tambah Erik.

Selain menentukan komposisi fraksi, sambung Erik, pertemuan juga membahas permintaan PKB bisa ditempatkan di komisi yang membidangi ketenagakerjaan. Alasannya, anggota dewan PKB, Sanudin dinilai berkompeten di bidang tersebut.

“Mereka (PKB,red) minta jatah kursi bidang ketenagakerjaan. Alasan mereka meminta kursi di komisi ketenagakerjaan yang berminat dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker Cilegon). Lantaran, Pak Sanudin ini kan mantan aktivis buruh. Nah karena itu, agar kinerja kita tidak kaku dalam bekerja karena pak Sanudin ini tau kondisi yang dialami oleh para tenaga kerja. Karena kita tau, Kota Cilegon ini kan mendapatkan musibah diputuskannya karyawan PT Krakatau Steel dan itu harus menjadi pekerjaan rumah kami untuk segera diselesaikan,” sambung Erik.

Untuk diketahui, kesepakatan ini dihasilkan atas pertemuan kedua pihak di salah satu rumah makan di Kota Tangerang, Jumat (6/9/2019) malam. Kesepakatan dihadiri oleh Bappilu DPP Partai NasDem Effendi Choirie atau sapaan akrabnya Gus Coy.

Sementara itu, Anggota dewan PKB Cilegon, Sanudin membenarkan adanya pertemuan PKB dan NasDem, tadi malam. Pada pertemuan telah disepakti bila dirinya akan diusulkan nantinya ditempatkan duduk di komisi bidang buruh dan ketenagakerjaan.

“Kan tau bersama kalau saya ini kan dari buruh. Jadi, dari PKB dan saya pribadi berkeinginan berada di komisi di bidang buruh dan ketenagakerjaan. Disamping itu, pertemuan semalam pun untuk melengkapi pembebrukan fraksi. Yang pasti, dalam pertemuan tersebut, Nasdem menyetujui keinginan saya dan partai berada di komisi buruh dan ketenagakerjaan,” ucapnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here