SERANG,  SSC – Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, M.M. melaksanakan Panen Raya Kerang Hijau di bagan atau keramba yang ada di Perairan Karangantu Teluk Banten,  Kecamatan Kasemen Kota Serang, Kamis (28/06/18). Panen raya ini melibatkan Kelompok Budi Daya Kerang Hijau Sinar Banten selaku kelompok masyarakat setempat yang dibina oleh Pangkalan TNI AL Banten.

Dalam sambutan,  Danlanal Banten mengatakan bahwa TNI AL khususnya Lanal Banten sangat perduli akan kesejahteraan masyarakat pesisir. Menurutnya,  kesejahteraan itu mempunyai hubungan yang erat dengan pertahanan keamanan dimana hubungan itu diibaratkan seperti mata uang yang berdampingan.

“Tidak sejahteranya masyarakat bisa menimbulkan kerawanan terhadap pertahanan keamanan.  Demikian sebaliknya keamanan yang bagus bisa mensejahterakan masyarakat sekitar dan meningkatkan pertahanan keamanan,” ungkap Danlanal.

Lebih lanjut Danlanal Banten berpesan agar kelompok budi daya kerang hijau perlu memiliki asuransi.  Hal itu untuk menjamin dan memberikan perlindungan atas usaha yang dikembangkan.  Danlanal juga berharap agar pengembangan usaha itu ketika bagan maupun keramba dibuat dan didirikan tidak mengganggu alur keluar masuk kapal di Pelabuhan Karangantu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danlanal Banten beserta Perwira Staf, Danramil Kasemen, Perwakilan Satpolair Polres Serang, Kepala UUP Karangantu, Kepala PPN Karangantu,  Kasie Budi Daya DKP Provinsi Banten, Camat Kasemen, Karantina Kesehatan Provinsi Banten, Dosen STP Karangantu dan Kelompok Kerang Hijau Sinar Banten. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here