Ketua DPRD Cilegon, Endang Efendi menandatangani berita a acara penetapan 4 komisi di DPRD Cilegon, Jumat (4/10/2019). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pada Jumat, (4/10/2019) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon baru saja menetapkan 4 komisi. Kerjanya untuk mengawasi semua kinerja yang ada di Pemkot Cilegon. Dari empat komisi yang ada, cakupan tugas pengawasan komisi I paling banyak dari komisi lain yaitu 14 OPD. Sementara untuk Komisi II memiliki 11.

Diketahui, untuk Komisi I membidangi urusan pemerintahan, Komisi II bidang kesejahteraan rakyat, Komisi III bidang perekonomian, asset dan keuangan daerah, terakhir Komisi IV bidang pembangunan.

Ditetapkan pula jika Komisi I akan mengawasi 7 OPD, kecamatan dan kelurahan, serta 6 bagian di Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Cilegon. 7 OPD ini terdiri dari Dinas Satpol PP Kota Cilegon, BPBD Kota, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Badan Kesbangpol Kota Cilegon, Sekretariat DPRD Kota Cilegon, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon, serta Inspektorat Kota Cilegon.

Komisi II mengawasi 10 OPD, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Cilegon, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, RSUD Kota Cilegon, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon, serta Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon. Komisi ini pun akan mengawasi Bagian Kesra dan Bagian Sosial Kemasyarakatan Setda Pemkot Cilegon.

Selanjutnya, Komisi III akan bermitra dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Sisanya bermitra dengan BUMD, perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pendapatan daerah, serta keuangan.

Kemudian untuk Komisi IV bermitra dengan 8 OPD, yakni Bappeda Kota Cilegon, Dinas PUTR Kota Cilegon, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Cilegon, Dinas Komunikasi dan Informatika, Sandi dan Statistik (DKISS) Kota Cilegon, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Cilegon. Dinas ini pun mengawasi Bagian Pembangunan dan Perekomian, serta Bagian Pengelolaan Barang dan Jasa Setda Pemkot Cilegon.

Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, dengan penambahan 1 komisi di DPRD Kota Cilegon dapat membuat sistem pemerintahan lebih baik dan bisa dikontrol oleh seluruh komisi.

“Bagus juga ada empat komisi. Sebelumnya kan ada 3. Dengan empat komisi ini bisa lebih mengkontrol semua mitra kerja OPD,” ucap Edi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effndi mengatakan, pascapenetapan tatib, pihaknya akan segera menetapkan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Pekan depan, pimpinan AKD akan kami tetapkan. Pagi pemilihannya, siang langsung diparipurnakan,” ujarnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here