CILEGON,  SSC – Mundurnya Zamhari Hamid dari posisi Direktur Utama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) tampak mempengaruhi rencana Pemerintah Kota Cilegon mempercepat pembangunan Pelabuhan Warnasari. Agar keberlangsungan bisnis tetap berjalan, Kewenangan operasional harian PCM tetap dijalankan oleh Direktur Keuangan dan Umum,  Arif Rifai Madawi dan Direktur Operasional dan Komersil,  Akmal Firmansyah.  Sementara Pemkot Cilegon selaku pemegang saham mengambil alih secara penuh dalam menentukan kebijakan-kebijakan stategis BUMD itu termasuk percepatan pada pembangunan pelabuhan seluas 45 hektar itu.

Hal ini diungkapkan Plt Walikota Cilegon,  Edi Ariadi usai mempimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa di Ruang pertemuan Sakura,  Hotel Grand Mangkuputera,  Cilegon,  Jumat (29/6/2018).

“Biar dua direksi saja (tugas operasional),  tapi kalau (pelabuhan warnasari) ada apa-apa yang strategis,  itu oleh saya (pemegang saham).  Jadi dua direksi menghadap saya untuk disetujui, ” ungkap Edi.

Soal mundurnya Zamhari,  kata Edi,  hal itu telah dibahas dan disetujui oleh Pemegang saham,  Komisaris dan direksi dalam RUPSLB yang digelar.  Hanya saja, Zamhari harus mempertanggungjawabkan kinerjanya selama menjabat sebagai Dirut.  Maka dari itu,  kinerja perlu diaudit agar tidak berbenturan regulasi yang berlaku.

“Dilihat dari aturan yang ada ADART dan sebagainya,  itu harus melalui audit dulu. Walaupun dalam periode 2018 ini,  baru 5 bulan. Kinerja keuangan bagaimana,  apa kah ada hal-hal yang seperti apa. Tetapi ya sudah lah,  kita terima pak Zamhari untuk mundur, ” paparnya.

Lebih jauh,  kata Edi,  pengisian jabatan baru dirut tidak mudah untuk langsung ditentukan.  Karena,  pengangkatan perlu melalui mekanisme aturan yang berlaku.

“Prosesnya kan ngga bisa (cepat).  Sekarang disetujui (penguduran dirut),  sekarang ada dirut barunya.  Ngga begitu, ada prosesnya.  Lihat di permendagri 51, kaitan dengan pengangkatan direksi,  komisaris,  direktur dan sebagainya, ” ujar Edi. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here