CILEGON, SSC – Pasca tubrukan antara KMP Windu Karsa Dwitya (WKD) dengan KMP Virgo di Perairan Merak, kedua kapal langsung disandarkan darurat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin (22/4/2019). Penumpang langsung dievkauasi di Dermaga 1 dan 7.

“Kapal Virgo dari Bakauheni ke dermaga 7 Merak, bongkar muatan dan langsung engker. KMP WKD balik lagi ke dermaga 1 Merak untuk bongkar muatan,” ujar Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Nurhadi di konfirmasi.

Baca : Diduga Tubrukan dengan KMP Virgo, Mualim 1 KMP Windu Karsa Terjatuh ke Laut

Nurhadi menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Basarnas Banten untuk menindaklanjuti evakuasi penumpang pasca tubrukan. Sebelumnya, Mualim 1 KMP Windu Karsa dilaporkan terjatuh ke laut pasca insiden.

“Kita sudah hubungi Basarnas, ambulance, semua sudah,” paparnya.

“Tapi yang jelas pasca tubrukan, semua sudah disandarkan. Yang luka juga sudah dibawa ambulance juga,” sambung Nurhadi.

Sementara, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Banten, Zaenal Arifin mengatakan, penumpang kedua kapal sudah di evakuasi darurat ke Pelabuhan Merak. Rencananya, KMP Windu Karsa akan melakukan perjalanan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni. Sementara, KMP Virgo dijadwalkan sandar di Dermaga 7 Pelabuhan Merak dsri Bakauheni.

“Ini proses evakuasi karena dikhawatirkan namanya tubrukan, kita khawatir nanti ada kebocoran. Sehingga tetap kita evakuasi keseluruhannya. Dengan adanya tubrukan ini, kelihatan tampak diatas yang rusak, tapi di bawah kita belum tahu. Takutnya ada kebocoran, ditengah jalan, sehingga kita evakauasi,” paparnya.

Terkait dengan korban, Zaenal menerangkan, Mualim 1 KMP WKD dilaporkan terjatuh pasca insiden tersebut dan masih dalam pencarian. Sementara, satu penumpang diatas kapal terkena luka-luka.

“Awalnya informasi ada orang jatuh, ternyata ada tubrukan kapal antara WKD tubrukan dengan KMP Virgo. Diperoleh satu orang atas nama bapak Endang terjatuh. Kami menduga, terjatuh karena yang bersangkutan tidak bisa berenang. Kemudian ada 1 orang penumpang yang luka-luka, mungkin salah satu penumpang kendaraan,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here