Pelindo Regional 2 Banten membangun pengelolan air bersih dan sanitasi untuk warga Lingkungan Karet Combong, Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Senin (23/10/2023). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dalam memberikan kontribusi untuk masyarakat, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Banten membangun pengelolan air bersih dan sanitasi untuk warga Lingkungan Karet Combong RT 09/02 Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan.

Pembangunan pengelolan air bersih dan sanitasi ini merupakan program Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pelindo.

Turut hadir peresmian ini, Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’Raj, Camat Ciwandan Agus Ariyadi, Kepala DPMPTSP Hayati Nufus dan perwakilan PT Pelindo Regional 2 Banten.

Manager Keuangan dan SDM PT Pelindo Regional 2 Banten, Dudung Abdul Azis mengatakan, program TJSL PT Pelindo ini, sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dalam memberikan kontribusi untuk masyarakat sekitar khususnya pada program sosial penyediaan air bersih dan sanitasi.

“Keberadaan sanitasi dan air bersih di Keluruhan Kepuh, memiliki kedalaman 60 meter persegi dan bisa dinikmati untuk 24 KK (Kepala Keluarga),” kata Dudung kepada awak media ditemui usai acara, Senin (23/10/2023).

Selain program kesehatan, Dudung juga mengaku, jika PT Pelindo juga memiliki bantuan sosial di bidang kesehatan, pelestarian lingkungan dan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk masyarakat.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengucapkan terima kasih kepada PT Pelindo Regional 2 Banten yang telah berkolaborasi dengan Kelurahan Kepuh membangun pengelolaan air bersih dan sanitasi.

“Ini merupakan bantuan kerjasama PT. Pelindo Regional 2 Banten dalam program penyediaan air bersih dan sanitasi di wilayah tersebut,” ujar Helldy.

Kata Helldy, bahwa perilaku hidup bersih dan sehat adalah pekerjaan rumah pemerintah. Namun, anggaran yang dimiliki pemerintah cukup terbatas sehingga diperlukan kolaborasi dengan semua kalangan termasuk industri untuk menuntaskan sejumlah masalah.

“PR (pekerjaan rumah) kami salah satunya bagaimana agar masyarakat hidup sehat. Nah, Pemerintah Kota Cilegon telah mampu membuktikan bahwa dengan kolaborasi yang baik semua pihak, PR tersebut bukanlah suatu penghalang dalam menanggulangi hidup sehat dan sanitasi bersih. Terbukti di penghujung 2022 kemarin alhamdulillah Kota Cilegon urutan terkecil stunting di Provinsi Banten,” ungkap Helldy. (Red)