ruangan buku di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon menyatakan sampai saat ini belum dapat membangun Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah sekaligus kantor dinas karena terkendala lahan. Hal ini disampaikan Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat menghadiri Hari Ulang Tahun Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Ke-15 di Kantor DPAD Kota Cilegon, Rabu (25/5/2022).

Walikota Helldy menyatakan, gedung perpustakaan dan kantor DPAD yang ada saat ini jauh dari kata layak atau dikatakan kurang representatif. Semestinya gedung perpustakaan haruslah memadai untuk masyarakat.

“Saya lihat saat ini gedungnya (DPAD) memang kurang layak. Harus ada yang spesial untuk dinas ini. Karena ini menyangkut dengan literasi masyarakat Kota Cilegon guna mencerdaskan anak bangsa,” kata Helldy kepada awak media usai kegiatan.

Helldy mengakui, belum dapat merealisasikan pembangunan gedung baru karena masih terkendala lahan. Diketahui, DPAD sempat mengusulkan gedung baru dibangun di lahan milik Kejari Cilegon tepatnya di Kelurahan Masigit namun rencana itu belum terealisasi.

Baca juga  Kembangkan Emping di Pabean, Pemkot Cilegon Dirikan Sentra IKM

Helldy mengungkapkan, pihaknya akan membahas kembali rencana tersebut dengan Kepala DPAD, Ismatullah dan Bappeda menentukan lokasi yang dianggap layak untuk pembangunan gedung baru.

“Kalau lahan yang ada di Kantor Kejari Cilegon ini belum bisa dibangun. Jadi untuk sementara kita masih harus meeting lagi antara saya, Pak Kadis DPAD maupun pihak Bappeda Kota Cilegon untuk memastikan dan menentukan lokasi lahan untuk membangun gedung tersebut. Karena seyokyanya, Pak Ismatullah harus bisa membuat sejarah bisa memiliki gedung baru. Mudah-mudahan ini sejarah di masa beliau, bisa membangun gedung DPAD,” ujarnya.

Terpisah, Kepala DPAD Kota Cilegon, Ismatullah mengungkapkan hal yang sama. Sampai saat ini Pemkot Cilegon masih kesulitan untuk memiliki lahan untuk membangun gedung baru. Mengingat, gedung yang rencananya akan dibangun di lahan milik Kejari Cilegon belum terealisasi.

Baca juga  Lapas Cilegon Bangun Blok Hunian Baru Tampung Narapidana Beresiko Tinggi

Pihaknya telah berupaya kembali mengusulkan pembangunan gedung baru di lokasi Gedung Eks Mahari Lama. Namun gedung itu akan dikonsentrasikan untuk tempat usaha pelaku UMKM. Sejauh ini, pihaknya masih mengupayakan untuk mencari lokasi yang tepat agar gedung baru dapat terbangun.

“Sudah cocok di gedung Eks Matahari Lama ada 3 lantai. Lantai 1 untuk ruangan untuk menempatkan gambaran visual dan audio serta kasat mata. Lantai 2 akan digunakan untuk perkantoran dan lantai 3 untuk gedung arsip. Tapi kenyataannya, gedung Eks Matahari akan digunakan untuk UMKM. Jadi mau gimana lagi. Otomatis kita masih mencari lahan yang cocok untuk membangun Gedung DPAD Kota Cilegon,” pungkasnya. (Ully/Red)