Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumi usai menerima kunjungan Wakil Presiden RI di Stasiun Serang, kamis (30/1/2020). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Banjir yang terjadi di Kabupaten Lebak tidak hanya menimbulkan korban jiwa namun infrastruktur jembatan sebagai akses jalan warga juga banyak terputus. Satu diantara yang terparah yakni jembatan penghubung antar Kecamatan Sajira dan Muncang.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy yang menanggapi itu mengatakan, saat ini perbaikan jembatan tengah dikerjakan. Ditargetkan perbaikan akan rampung dalam kurun waktu satu bulan.

“Memastikan tadi bahwa pasca bencana pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Lebak bisa berjalan dengan baik, salah satunya pertama memastikan tadi progres pembangunan jembatan-jembatan yang terputus dan ahlamdulillah pak Menteri PUPR juga hadir, jadi insa Allah di satu bulan kedepan ini bisa terselesaikan,” ujarnya ditemui di Stasiun Serang usai menerima kunjungan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Kamis (30/1/2020).

Andika mengakui, perbaikan itu tidaklah mudah dilakukan. Karena di tengah jembatan harus dipasang tiang pancang. Selain itu, perhitungan teknis lain juga menjadi pertimbangan. Supaya jika jembatan selesai diperbaiki bisa menjamin keselamatan warga saat digunakan.

“Kan seperti contoh di Ciberang yang harusnya jembatannya hanya 15 meter karena sungainya jadi lebar 100 meter kan tidak mungkin mudah, mereka harus pancang tengah dan lain-lain dari segi teknisnya. Perhitungan-perhitungan itu dibuat demi keselamatan masyarakat yang memang menggunakan jembatan,” paparnya.

Selain jembatan, penanganan Lebak pasca banjir juga difokuskan perbaikan sarana pendidikan. Karena saat kejadian ada bangunan sekolah hanyut terbawa banjir dan rusak. Itu juga menjadi prioritas pemerintah.

“Sekaligus dalam kapasitas ini, tadi pak Wapres konsen betul terhadap sekolah yang hilang, jadi itu harus disegerakan agar masyarakat khususnya siswa siswi yang selama ini bersekolah disekolah yang hilang hanyut bisa segera mendapatkan pelayanan pendidikan dengan baik,” pungkasnya. (MG-01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini