Direktur PDAM Kota Cilegon, Taufiqurrahman. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir berdampak terhadap seluruh sendi perekonomian di Cilegon. Begitu juga dialami Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Kota Cilegon atau dikenal PDAM Cilegon.

Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perundam) Kota Cilegon, Taufiqurrahman mengakui, salah satu sektor pendapatan yang menjadi tumpuan usaha perusahaan mengalami penurunan sejak berlansungnya pandemi Covid-19 pada 2020. Pendapatan yang turun itu dari sektor perniagaan.

Kata Taufiqurrahman, pendapatan itu menurun drastis sejak kegiatan perniagaan dibatasi saat penerapan PPKM Darurat. Di masa ini, pendapatan yang banyak bertumpu pada aktivitas mal, restoran, hotel dan perniagaan lainnya turun tajam.

“Untuk sekmen perniagaan baik hotel, restoran, mal, pendapatannya memang turun,” ujarnya, Kamis (19/8/2021).

Baca juga  Realisasikan Bunkering, Krakatau International Port Lengkapi Pelayanan Kapal di Selat Sunda

Ia mencontohkan, pendapatan yang diperoleh perusahaan dari penggunaan air salah satu mal biasanya Rp 80 juta perbulan. Kini dengan mal ditutup sementara, pendapatan mengalami penurunan menjadi Rp 10 juta.

“Contoh dari salah satu mal biasanya di hari normal Rp 80 juta perbulan. Sekarang ini karena mal tutup, pendapatan jadi menurun. Disana kan ada restoran, kalau dibuka normal, penggunaan air tinggi. Sebaliknya, sekarang aktivitas dibatasi,” paparnya.

Meski pendapatan di sektor perniagaan menurun, kata mantan Asda I, perusahaan tetap menjaga agar target keseluruhan pendapatan tercapai. Perusahaan mengambil langkah pengalihan target dengan menggenjot pendapatan di sektor domestik.

Langkah itu, kata dia, tetap membuat laba perusahaan terjaga. Tercatat pada semester I Tahun 2021, perusahaan membukukan keuntungan.

Baca juga  PTM Berjalan Tiga Pekan, Dindik Cilegon Klaim Tak Temukan Klaster Sekolah

“Niaga memang beda dengan domestik. Karena di perniagaan turun, target kita alihkan ke yang lain. Alhamdulilah, pada laporan semester 1 tahun ini, PDAM masih untung,” tuturnya. (Ronald/Red)