CILEGON, SSC – TNI AL Banten, Pangkalan TNI Angkatan Laut Banten bersama Satgas Gabungan mengungkap penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) di wilayah Kota Cilegon. Petugas berhasil menggagalkan penyelundupan BBL sebanyak 77.800 ekor.

Penggagalan penyelundupan BBL tersebut terjadi pada Kamis, 13 Juni 2023 di Jalan Raya Karang Bolong, Kampung Saron, Kubang Sari Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Arif Rahman menyampaikan modus operandi dari kejadian tersebut yaitu BBL berasal dari Cisolok Jawa Barat yang rencana akan diseberangkan ke daerah Lampung melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak yang diduga diselundupkan dengan menggunakan Colt Diesel Thermoking (Box Tertutup).

“Dengan cara muatan BBL disembunyikan di bagian depan box mobil dan tutupi oleh muatan lain berupa box steorofoam kosong sebagai alat pengelabuan,” ujar Danlanal dalam keterangan tertulis yang diterima Selatsunda.com.

Baca juga  Penyanyi Kapal Ditemukan Tewas di Kontrakan di Merak Cilegon, Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Danlanal Arif Rahman menyatakan dari hasil penangkapan tersebut telah diamankan 1 (satu) orang terduga pelaku. Yaitu sopir berinisial LMP (47) beserta barang bukti sebanyak 14 box sterofom dengan rincian 72.000 ekor BBL jenis Pasir, 4.800 ekor BBL jenis Mutiara dengan jumlah total 77.800 ekor.

“Dengan total kerugian negara mencapai Rp. 5 – 7 Milyar dan 1 buah Mobil Colt Diesel Thermoking,” terangnya.

Danlanal mebjelaskan, adapun saat ini terduga pelaku beserta barang bukti telah di amankan di Mako Lanal Banten untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Berdasarkan informasi dari terduga pelaku akan dilakukan pengembangan yang diduga ada keterkaitan dengan jaringan yang berada di wilayah Lampung.

“Selanjutnya barang bukti BBL akan dilepasliarkan di Perairan Pulau Sangiang,” pungkasnya. (Ronald/Red)