CILEGON,  SSC – Jelang Angkutan Hari Lebaran (angleb) 2018,  Kementerian Perhubungan lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan uji petik kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak,  Cilegon,  Jumat (11/5/2018). Uji petik itu dilakukan agar kapal yang digunakan saat angleb laik jalan.

Direktur Ditjen Hubla Kemenhub, Agus Purnomo mengatakan,  pihaknya memeriksa sejumlah peralatan keselamatan pelayaran kapal.  Hal itu bertujuan untuk memastikan seluruh peralatan keselamatan di atas kapal laik untuk digunakan saat pelaksanaan Angleb  mendatang.

“Tadi kita lihat life jacketnya,  kemudian pemadam, kita juga sekocinya dan dicoba,  untuk memastikan kapal-kapal yang dipakai laik jalan,” ungkapnya.

Hingga saat ini,  dijelaskan Dirjen Hubla,  sekitar 40 persen kapal penyeberangan di seluruh lintasan yang ada di Indonesia termasuk di lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheni,  telah dilaksanakan uji petik secara berkala. 60 persen akan dikebut dua minggu sebelum Hari Lebaran  dilaksanakan.

“Kalau di sini sudah berjalan,  tetapi kalau di Indonesia mungkin sudah 30 persen lebih atau 40 persen lah semua.  Targetnya dua minggu sebelum lebaran,  sudah selesai semua,” ungkapnya.

Pihaknya meminta agar seluruh perusahaan pelayaran di lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheni benar-benar memperhatikan dan menjamin keselamatan penumpang diatas kapal. Agar pelaksanaan Angleb dapat berjalan tanpa kendala.

“Mereka (perusahaan pelayaran, red) harus siap standby,  di titik-titik dimana biasanya ada penumpang meningkat drastis saat lebaran.  Dan kapalnya harus siap,  safetynya.  Makanya kita cek hari ini,” terangnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here