Aktivitas pembongkaran Kantor PT ASDP Merak yang lama, Beberapa waktu lalu. Rencananya, area Kantor ASDP Merak lama akan dijadikan kantong parkir kendaraan untuk antisipasi arus kendaaran saat Lebaran 2023. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mulai mempersiapkan sarana dan prasarana di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon dalam menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2023.

General Manager PT ASDP Merak, Suharto mengatakan, pihaknya untuk memperlancar arus mudik di Pelabuhan Merak telah mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya dengan menambah kapasitas parkir kendaraan di dalam Pelabuhan Merak.

Suharto mengatakan, jika pada Lebaran tahun lalu kapasitas parkir di Pelabuhan Merak mencapai 4. ribu unit kendaraan. Pada Lebaran Tahun ini, ASDP Merak merencanakan akan menambah kapasitas parkir menjadi 5 ribu unit kendaraan.

“Diantaranya adalah penambahan kapasitas parkir. Yang mana kemarin (Lebaran tahun lalu) itu kapasitas parkir kami di Pelabuhan Merak hanya 4.000-an unit kendaraan untuk parkirnya. Tahun ini kami menyiapkan tambahan 1.000 lagi, jadi akan menjadi 5.000 unit,” ujarnya, Rabu (29/3/2023).

Baca juga  Tiga Pelaku Narkoba Antar Pulau Ditangkap Polisi Cilegon, 2 Kilogram Sabu Diamankan

Suharto menjelaskan, penambahan kapsitas kantong parkir itu dengan melakukan perluasan kantong parkir di bebarapa area di dalam pelabuhan.

“Diantaranya perluasan di depan esksekutif, di lokasi haji juali kemudian ada juga arah koridor dari TTM sampai dengan parkir Kantor ASDP. Kemudian ada juga rencana demolish terhadap Kantor ASDP untuk lapangan parkir, kemudian juga demolish di kantor KSKP lama sampai dengan workshop. Yang Semuanya itu kita akan kebut sebelum angkutan Lebaran ini bisa selesai dan bisa digunakan untuk menambah kapasitas yang ada di Pelabuhan Merak ini,” tuturnya.

Selain dengan penambahan kapasitas parkir, ASDP Merak juga melakukan persiapan dengan melakukan perbaikan fasilitas-fasilitas di dalam pelabuhan. Diantaranya melakukan perbaikan jalan akses masuk pelabuhan, akses jalan menuju dermaga dan yang lainnya.

Baca juga  Dapat Penghargaan ke-76, Helldy Dinobatkan Sebagai Tokoh Pejabat Inovatif Pendorong Peningkatan SDM Melalui Pendidikan

“Kalau untuk perbaikan fasilitas, tentunya perbaikan untuk jalan masuknya dan penambahan parkir-parkir tadi. Kita juga melakukan perbaikan terhadap lalu lintas atau pun kondisi lalu lintas yang ada di dermaga, jalan jalan yang rusak, kemudian flow-flow yang kemarin mungkin sudah terjadi kerusakan, kita perbaikin lagi,” ungkapnya.

Suharto bilang, pengecekan terhadap perbaikan sarana dan prasarana di Pelabuhan Merak yang dilakukan pihaknya juga melibatkan BPTD Banten.

“Tentunya ini melibatkan dengan otoritas penyeberangan BPTD, karena BPTD juga sudah melakukan rampcheck baik di fasilitas pelabuhannya dan di kapalnya,” pungkasnya. (Ronald/Red)