CILEGON, SSC – Untuk menjalankan tugas dan misi kemanusiaan, setiap personil Basarnas dituntut harus memiliki jiwa pantang menyerah. Hal ini dikatakan Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Agus Sukarno saat membuka kegiatan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Tingkat Daerah dan penyuluhan SAR Goes to School di Hotel Horizon, Jalan Lingkar Selatan, Kabupaten Serang, Rabu (9/5/2018).

Lebih jauh Agus menjelaskan, karakter itu harus tertanam ketika melakukan pencarian dan pertolongan korban. Personil tidak mudah cepat menyerah sekalipun di medan yang berat.

“Kadang – kadang kita dalam situasi pencarian korban dan baru hujan sedikit, sudah langsung menyerah. Prinsip kita, kalau korban belum ketemu, kita tidak boleh menyerah. Kalau hujan dan sudah gelap, baru kita lanjutkan pencarian pada hari berikutnya,” ungkap Agus usai kegiatan.

Berkali-kali disampaikan Agus, agar personil juga harus memiliki sikap santun ketika menjalankan tugas kemanusiaan. Sikap itu dibutuhkan agar personil dapat benar-benar menjaga sikap dan beretika saat menghadapi situasi tertentu dilapangan.

“Jangan sampai korban yang sudah menderita apalagi keluarga korban, kita malah bentak-bentak, atau menyampaikan dengan tidak santun. Mereka tambah stress, marah dan memusuhi kita,” tuturnya.

Karakter – karakter itu baik sikap militan, santun dan responsif, kata Agus, penting untuk selalu melekat pada setiap personil supaya misi kemanusiaan yang dijalankan dapat berhasil. Dengan begitu, mental teruji dan personil semakin profesional.

Selain personil, pihaknya juga terus berupaya untuk meningkatkan koordinasi dengan FKP3. Hal itu penting agar misi SAR yang dijalankan dengan koordinasi dengan seluruh pihak dapat optimal dan efektif.

“Dalam kegiatan SAR, diharapkan tidak lagi harus ada ego sektoral. Karena tugas kemanusiaan tugas bersama. Sehingga bukan untuk keberhasilan basarnas tapi keberhasilan kita bersama,” tandasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here