Ketua Sementara DPRD, Endang Efendi (kiri-kanan), Wakil Ketua Sementara DPRD, Sokhidin dan anggota DPRD, Anugrah Chaerullah ditemui saat kegiatan Pemulangan Jamaah Haji di Halaman Gedung DPRD Cilegon, Kamis (5/9/3019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sehari setelah Pelantikan, anggota DPRD Kota Cilegon langsung mulai bekerja di gedung dewan termasuk diantaranya Ketua Sementara DPRD, Endang Efendi dan Wakil Ketua Sementara DPRD, Sokhidin.

Kedua politikus Partai Golkar dan Gerindra ini langsung melakukan rapat internal membahas sejumlah hal diantaranya menyangkut pengumuman pembentukan fraksi dan membicarakan tata tertib DPRD Cilegon. Rencananya pada Senin (9/9/2019), Sekretariat dewan diminta untuk menyurati partai politik menyerahkan nama pimpinan dan anggota yang diusulkan duduk di masing-masing fraksi.

“Hari ini tugas kami berdua, pimpinan sementara, kami sudah rapat internal agar hari senin Sekretariat Dewan menyurati kepada partai ke parlemen, untuk mengirimkan nama-nama pimpinan dan anggota fraksinya,” kata Endang didampingi Sokhidin disela-sela agenda Pemulangan Jamaah Haji di Halaman Gedung DPRD Cilegon, Kamis (5/9/2019).

Endang mengutarakan, setelah tahapan berkas nama pimpinan dan anggota fraksi diterima DPRD selanjutnya pimpinan sementara bersama pimpinan fraksi akan membahas rencana paripurna pengumuman komposisi fraksi.

“Kalau sudah masuk, kami akan rapatkan dengan pimpinan – pimpinan fraksinya. Untuk diparipurnakan pengumuman komposisi fraksi, pimpinan dan anggota,” papar dia.

Sementara, Wakil Ketua Sementara DPRD, Sokhidin meminta parpol bisa menyerahkan nama-nama pimpinan dan angggota fraksi yang diusulkan paling lambat pada Rabu (11/9/2019) supaya mekanisme selanjutnya yakni rencama paripurna pengumuman fraksi bisa dilaksanakan pada Kamis (12/9/2019).

“Kita punya agenda hari rabu itu semua sudah harus masuk dari partai-partai mengusulkan fraksinya,” paparnya.

Selain membahas Fraksi, keduanya juga membahas tentang tatib dewan dan rencana pembentukan pansusnya. Namun selama tahapan itu nanti berjalan, harap Endang, pimpinan definitif sudah ditetapkan agar mekanisme pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) bisa ditetapkan.

“Saya yakin begini. Sebelum tatib itu selesai, pimpinan definitif sudah diketuk palu. Artinya semuanya berjalan. Kalau hari ini tidak bekerja dan menunggu definitif, lantas kapan berjalannya. Berarti teman teman tidak kerja dong?,” tuturnya.

“Semua tahapan sedang kita jalankan berbarengan, jangan menunggu pimpinan (definitif) dulu. Jadi setelah tatib selesai, nanti akan dibahas AKD. Tatib itu kan membahas itu, AKD,” sambung dia.

Sementara, Salah satu anggota DPRD, Anugrah Chaerullah yang juga politikus PAN mengatakan, penyusunan fraksi di internal partai sudah diputuskan DPD. Formasi nama Ketua fraksi dan anggota akan segera diusulkan ke DPW PAN Banten untuk mendapatkan rekomendasi persetujuan.

“Kita sudah bahas di internal kemarin, insya Allah, Ketua itu pak Edison Sitorus, Sekretaris saya sendiri, bendahara kang Masduki dan anggota, pak Hasbudin. Mudah-mudahan ini disetujui DPW. Saat ini surat sedang kita buat untuk disampaikan ke DPW,” ujarnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here