Plt Wali Kota: Perumahan Baru Penyebab Ambrolnya JLS

0
37

CILEGON, SSC – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota, Edi Ariadi menyatakan penyebab ambrolnya JLS (Jalan Lingkar Selatan) ambrol yang terjadi pada pukul 13.00 WIB disebabkan, banyaknya perumahan yang memindahkan pembuangan air ke titik ambrolnya jalan tersebut.

“Salah satu penyebab ambrolnya JLS, karena banyak perumahan baru yang justru memindahkan pembuangan airnya ke sini. Sedangkan, jembatan di bawah akses ini ada gorong-horong yang ukuranya cukup kecil akibatnya membuat jembatan ini ambrol,” kata Edi saat meninjau JLS, Rabu (25/4/2018)

Ia manambahkan, selain pihak perumahaan yang memindahkan sementara saluran pembuangan di gorong-gorong tersebut, penyebab lainnya adanya penambang pasir yang jebol di wilayah Mancak, Kabupaten Serang.

“Saya dapat informasinya begitu. Ada Dia kemungkinan yang menyebabkan JLS ini ambrol. Nanti saya akan panggil pihak perumahan untuk mempertanggungjawabkan kejadian ini. Kita akan lakukan penelusuran sumber air tersebut,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kejadian ini terjadi kembali, pihaknya bersama dengan DPU-TR akan secepatnya melakukan membuat kajian secara matang terhadap akses pembangunan akses jalan di JLS.

“Kalau dilihat FS (Feseability Study) bagus kok. Cuman karena dua hal itu aja yang menyebabkan JLS ambrol. Sebetulnya ada bagusnya juga nanti kita moratorium galian C itu, karena banyak juga warga sini yang sudah terdampak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Kota Cilegon, Nana Sulaksana mengatakan ruas jalan dan median jalan yang ambrol yakni sekira 20 meter X 25 meter.

“(Ambrolnya akses JLS) Ini juga kan karena faktor usia jalan. Umurnya sudah sekitar 5 tahun. Jadi memungkinkan aja terjadi kejadian seperti ini,” pungkasnya. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here