CILEGON, SSC – Antrean kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak, Cilegon hampir setiap tahunnya terjadi dan menjadi persoalan serius pemerintah. Untuk mengantisipasi antrean mudik Lebaran 2018 yang diprediksi akan terjadi pada Senin (11/06/2018) malam ini dan Selasa Besok (12/6/2018), Polda Banten telah menyiapkan tiga langkah strategis dalam mengatasi kemacetan panjang.

Langkah rekayasa lalu lintas itu dibagi menjadi tiga pembagian baik saat situasi hijau, kuning dan merah untuk mengatasi antrean pemudik kendaraan pribadi dan roa dua.

“Tentunya kita sudah punya pola-pola untuk mengatur kemacetan. Sudah kita atur mana situasi merah, situasi kuning dan situasi hijau. Bagaimana kita melakukan penyekatan. Dalam situasi merah utamanya di (jalan) cikuasa atas, kemudian di pintu gerbang masuk terminal, kita adakan buka tutup,” Ungkap Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo usai kegiatan Buka Bersama di Mapolres Cilegon, Senin (11/2018).

Sementara itu Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo menambahkan, situasi kuning dan merah menjadi situasi penting yang diseriusi bilamana antrean telah keluar dari pelabuhan. Upaya yang diambil khususnya antrean roda dua, kata Dirlantas, akan dilakukan langkah penyekatan.

“Kita ada beberapa CB, yang pertama kita menggunakan jalur cikuasa sebagai kantong parkir. Jadi pada situasi padat dan lonjakan arus, cikuasa bawah kita forbidden untuk kendaraan roda empat atau lebih, ” paparnya.

Langkah itu, juga akan dilakukan untuk mengatasi antrean pemudik kendaraan pribadi. Kendaraan akan dialihkan ke pintu tol terdekat bila macet sudah menggular dari Cikuasa Atas hingga Jalan Tol Tangerang – Merak. Tidak itu saja, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola tol, PT Marga Mandala Sakti untuk menjadikan dua tempat istirahat sebagai kantong parkir dalam mengantisiapasi macet panjang didalam tol.

“Kalau cikuasa sudah penuh, Kita lakukan penyekatan di pintu tolgate merak, exit tol merak. Apabila masih antrean lagi, di kilometer 92 sampai 93, kita alihkan arus, keluarkan ke pintu tol cilegon barat. Dengan maksud, kita membagi agar antrean tidak terlalu panjang. Ataupun kita sudah punya pola dengan MMS dengan menggunakan contraflow. Tapi satu jalur di tol sebelah kanannya untuk mengikuti antrean ke merak,” paparnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here