Polres Cilegon menggelar pengungkapan kasus perkara Curanmor di Mapolres Cilegon, Selasa (4/8/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Polres Cilegon berhasil meringkus satu pelaku penipuan bernisial HK (39) warga Kelurahan Tamanbaru Kecamatan Citangkil dengan iming-iming bisa bekerja di PT Krakatau Posco dan perusahan lain di Kota Cilegon. Pelaku HK menawarkan pekerjaan kepada calon korbannya dengan imbalan membayar sejumlah uang senilai Rp 4,4 juta hingga Rp 5 juta.

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, dalam menjalankan aksinya ini, pelaku berhasil menipu sebanyak 20 korbannya untuk dapat masuk ke perusahaan PT Krakatau Posco dan perusahan lain di Kota Cilegon.

“Jadi hasil laporan dari korban yang ditipu pelaku ini telah melaporkan ke Polres Cilegon. Pelaku ini memberikan keyakinan kepada korban bisa masuk ke perusahan. Agar bisa masuk ke perusahan yang diinginkan, korban harus membayarkan uang ke pelaku sebesar Rp 4,4 juta,” kata Kapolres kepada wartawan di Mapolres Cilegon, Selasa (4/8/2020).

Untuk lebih mempercayai korban terhadap aksinya ini, pelaku telah menyiapkan berbagai barang bukti berupa stempel, surat panggilan masuk kerja, dan surat keputusan manajemen perusahaan serta telah menyiapkam kartu identitas dari sebuah perusahaan untuk calon korban.

“Barang bukti yang berhasil kita (polisi) amankan dari tangan pelaku berupa, stempel, kartu kerja, satu lembar surat panggilan bekerja di perusahan tersebut, dan satu lembar surat keputusan manajemen Krakatau Posco, helm perusahan dan masker di perusahan yang dilamar,” ujarnya.

Kepada polisi pelaku mengaku menipu korban untuk mendapat pekerjaan tak lain sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Ini sudah dijadikan mata pencaharian pelaku, pelaku mencari uang dengan menipu dengan iming-iming masuk kerja di perusahaan di wilayah Kota Cilegon,” ujarnya. (Ully/Red)